Pengaruh Fitur Pay Later dalam Aplikasi Shopee terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro)

Agus Kurniawan, Ayis Crusma Fradani, Ari Indriani

Abstract


Dampak dari kemudahan teknologi yang dirasakan pada saat ini adalah proses belanja yang mudah, praktis dan efisien. Platform marketplace e-commerce yang memberikan kemudahan dalam belanja. Salah satu aplikasi marketplace adalah Shopee. Aplikasi Shopee memberikan inofasi baru dalam metode pembayarannya, yaitu menggunakan paylatter. Metode paylatter mirim dengan kartu kredit dimana aplikasi Shopee sebagai layanan pinjaman online yang dapat langsung digunakan dalam aplikasi Shopee. Akibatnya konsumen akan candu dalam penggunaan paylatter yang menimbulkan perilaku Impulse Buying. Perilaku Impulse Buying sendiri adalah perilaku belanja tanpa adanya perencanaan dari awal pembelanjaan. Metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar pada sampel mahasiswa pengguna aplikasi shopee. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh, dengan jumlah 58 mahasiswa aktif membeli produk dan layanan paylater pada marketplace Shopee. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 25.0. Hal ini menunjukan bahwa t-hitung > t-tabel (4.084 > 1,984) dan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat diartikan bahwa variabel Shopee Paylatter secara parsia  berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.

Kata kunci – Shopee; paylater; impulsive buyin

 


Full Text:

PDF

References


Alifian Asmaaysi. (2022). Intip Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater. Afrinawati, Helmalia Dan. 2018. „Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang‟. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam) 2(3):238–46.

Adyanto, Brian Cahyo dan Suryono Budi Santosa. 2018. Pengaruh KualitasLayanan, Brand Image, Harga, dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com).Diponegoro Journal of Management, 7(1).

Cuandra, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pembayaran Paylater Dalam Pembelian Impulsif Online di Kota Batam. Management dan Business.

Fitri Handayani, M. K. (2022,). Pengaruh Metode Pembayaran Terhada Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa di Marketplace Shopee Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Journal of Sharia and Law, 51-60.

Fitria, I. E. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 425-432.

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 259334.

Hidayat, A. S., & Witjaksono, R. W. (2017). Perancangan Sistem Erp Dengan Modul Purchasing Dan Inventory Berbasis Odoo 9 Dengan Metode Asap Pada Pt. Aretha Nusantara Farm. eProceedings of Engineering, 3(2), 3483–3490.89

Maulana, I., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.

Mitchell, S., & Qadar, S. (2019).Afterpay, PayPal, dan Zip Pay: Teknologi belanja membuat kita membeli lagi. https://www.abc.net.au/life/afterpaypaypal-and zip-pay-making-us-buylebih/1160421

Narida, M. G. (2021). persepsi penggunaan E-commerce terhadap kualitas informasi pembelian barang dengan metode pembayaran Cash on delivery (cod)berdampak pada terjadinya pengancaman kepada kurir jasa expedisi. Kinesik, 176-188.

Nurjihan Zhabrina Dude, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dan Flashsale TerhadapPerilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee (Studi padaMahasiswa Pengguna Shopee Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Journal of Management, 358-363.

Rahayu, Y. Y. (2022). Self-Control dan Impulsive Buying Wanita Dewasa Awal Pada Masa Pandemi. Jurnal Imiah Psikologi, 662-670.

Ratnasari, A. D., Dewi, R. S., & Prihatini, A. E. (2022). Pengaruh Karakteristik Produk dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z (Studi pada Pengguna Shopee). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 576-586.

Redaksi OCBC. (2021, juli 12). Apa itu Paylater? Ini Pengertian & Tipsnya Agar Tidak Boros. 90

Saputri, I. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunaka Metode Pembayaran Shopee Paylater. Inggardini Asarila Canestren.

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Bandung, Indonesia, 44-57.

Sarihim, & Leo Aexander Tambunan. (2022). Pengaruh Paylater Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Di Ecommerce SHOPEE. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1, 18.

Suprapto, Y., & Farida, F. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image, Trust, Security, Perceive Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Adopsi Fintech Di KotaBatam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah),5(1), 319–332. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.569

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Saputro, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere TerhadapImpulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 16(1), 35-47.

Sarihim, & Leo Aexander Tambunan. (2022). Pengaruh Paylater Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Di E 91 Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis,1, 18

Wulandari, H. P., & Subandiyah, A. E. (2022). Pengaruh Ulasan Produk, Harga dan Pembayaran Non Tunai (Shopee paylater) terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee di Yogyakarta. Jurnal Bisnis,Manajemen, dan Akuntansi, 9(2), 80-93.

Budiarti., E. M. P. and A. (2016). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Emosi Positif Pelanggan Vans Store Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.