Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Berbasis Etnomatematika

Ririn Qomariyah, M. Zainudin, Ima Isnaini Rohmah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas terhadap instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika berupa angket dengan skala likert 1-5 yang terdiri dari 12 item pernyataan. Data dikumpulkan dari 24 siswa kelas VIII A MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu pada bulan April 2023. Sesuai dengan tujuan penelitian, data akan dianalisis secara statistik berbantuan excel untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan Product moment Pearson Correlation. Sedangkan, reliabilitas diuji dengan formula  Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa 12 pernyataan angket pada instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berbasis etnomatematika bersifat valid dan reliabel. Oleh karena itu, dapat dilakukan penelitian lanjutan. Instrumen ini juga dapat dijadikan guru sebagai acuan pembuatan instrumen pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) atau materi matematika lainnya.

 

Kata kunci: instrumen tes, kemampuan pemecahan masalah, etnomatematika


Full Text:

PDF

References


Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME), 6(2), 12–22.

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran Fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270

Busnawir. (2012). Kajian Kestabilan Reliabilitas. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 07(01), 44–54.

Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Janti, S. (2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. Snast, November, 159.

Karim, M. (2020). Keterampilan Abad 21 dan Desain Pembelajarannya. Proceeding International Conference on Islamic Education, 5(P-ISSN 2477-3638), 161–169.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, Sekar Nurul Fajriyah Chitta, F. C., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71.

OECD. (2015). PISA Results in Focus.

Suharsono, Y., & Istiqomah. (2014). Validitas Dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 144–151. http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/download/1776/1864

Yusup, F. (2017). Validitas dan Reliabilitas Instrmen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.