Urgensi Pendidikan pada Anak Usia Dini
Abstract
Pendidikan didefinisikan sebagai pembelajaran yang berlangsung seumur hidup di segala tempat dan situasi serta berdampak positif bagi tumbuh kembang tiap anak. Anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun masuk ke dalam kategori anak usia dini. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu pendidikan yang memberikan dorongan dalam segala sektor tumbuh kembang anak. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting pendidikan pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka yang bersumber dari buku-buku referensi, junal yang telah dipublikasi, maupun internet. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan pada pendidikan anak usia dini antara lain: pendidikan agama, pendidikan karakter, dan pendidikan kecakapan pada anak usia dini.
Kata kunci: Pendidikan, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Akbar, E. (2020). Metode belajar anak usia dini. Indonesia :Prenada Media.
Ali, M.M. (2016). Pembelajaran pendidikan agama islam bagi usia anak dini. Jurnal Pendidikan: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190-215.
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Amalia, G. (2018). Identifikasi Kecakapan Hidup (Life Skills) Tk Kelompok B Di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Pendidikan Guru Paud S-1, 7(2), 101-108.
Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Bahfen, M., Farihen, F., & Fitri, N. L. (2020, October). Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan karakter untuk anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(02), 67-78. https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
Farikhah, M. & Isnawati S. (2022). Sosiologi. Indonesia: Pustaka Rumah C1nta.
Hadisi, L. (2015). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 50-69. http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410/395
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49-57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hayatie, M., Atikah, C., & Fadlullah, F. (2021). Penggunaan game edukasi pada pembelajaran aktif untuk menstimulasi kecakapan hidup anak usia dini 5-6 tahun di TK Islam Al-Muhtadiin Kota Tangerang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/13132
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122. https://doi.org/10.58230/27454312.73
Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154-162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1396. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Novianti, R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Nudin, B. (2016). Penanaman nilai-nilai pendidikan agama islam pada pendidikan anak usia dini melalui metode montessori di safa islamic prasekolah. Millah: Jurnal Studi Agama, 41-62.
Pratiwi, M. (2006). Pengertian agama. Jurnal Akademisi, 4-9.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51-61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i01.4878
Safira, N., & Hidayah, A. (2022). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(09), 1002-1009. https://doi.org/10.59141/jist.v3i09.489
Sulaiman, W. (2022). Penerapan pendidikan islam bagi anak di usia emas menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ,6 (5), 3953-3966.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093
Utami, R. D. (2018). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia Dini.
Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Simulasi Kecakapan Hidup. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 85-93. https://doi.org/10.21009/JIV.0802.1
Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31-39. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1817
Windayani, N.L.I., dkk. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.