Pemanfaatan Google Classroom untuk Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di Era Digital

Siti Afit Tina, Siti Mutmainah, Nurul Septian, Ayunda Wahyu Finata, Muliana Malika Anjiani

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi di era digital saat ini para pendidik dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya. Pembelajaran merupakan sebuah proses yang sudah direncanakan dengan terstruktur sehingga peserta didik dapat mencapai pembelajaran dikelas dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan adanya pemanfaatan google classroom dapat mendukung pembelajaran mahasiswa lebih efektif dan efisien di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) yang menggali referensi dari berbagai sumber data. Data penelitian ini berasal dari data sekunder yang didapat dari artikel sebelumnya yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini, ada 5 cara untuk mengakses aplikasi google classroom. Artikel ini menelaah berbagai manfaat penggunaan google classroom dalam pembelajaran khususnya pada mahasiswa. Pemanfaatan google classroom ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan pendidik dalam proses pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan adanya google classroom dapat mendukung pembelajaran mahasiswa lebih efektif di era digital.

 

Kata kunci: Google classroom, pembelajaran mahasiswa, era digital


Full Text:

PDF

References


Ardana, N. A. D. I., & Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 8(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226.

Diputra, K. S. (2016). Pengaruh Inquiri based Mathematics Education dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar mahasiswa Pgsd pada mata kuliah matematika. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 182-196. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i2.110.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225-233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924.

Imawan, O. R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan kompetisi guru matematika dalam mengembangkan media pembelajaran 4.0 melalui pelatihan aplikasi geogebra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1230-1239. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i6.3102.

Kertati, I., Susanti, T., Muhammadiah, M., Efitra., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet. (2023). Model dan metode pembelajaran inovatif era digital: Penerapan & implementasi pembelajaran inovatif berbasis studi kasus era industri 4.0 dan society 5.0. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Kesumawati, N. (2017, December). Geogebra sebagai solusi untuk mengkontruksi konsep-konsep matematika di era digital. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Porsidingpps/article/view/1458.

Kurtanto, E., & Asyhar, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran blended learning pada aspek learning design dengan platform media sosial online sebagai pendukung perkuliahan mahasiswa. Repository Unja, 1-26. Retrieved from https://repository.unja.ac.id/626/2/Artikel%20Jurnal-Blended%20Learning.pdf.

Lestari, S., & Nugraheni, A. S. (2022). Efektivitas penggunaan platform google classroom dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Research and Development Journal of Education, 8(1), 01-12. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/9229.

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan aplikasi google classroom dalam meningkatkan efektifitas belajar mahasiswa berbasis daring di masa pandemik covid-19. Jurnal basicedu, 5(5), 3299-3305. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1326.

Maruwae, A. (2022). Telaah hasil belajar: Strategi pembelajaran dan gaya kognitif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Muksa, V. R., Citraningrum, D. M., Susetyo, A. M., & Anggraeni, A. W. (2023). Pemanfaatan google classroom sebagai media penunjang pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rogojampi. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 195-208. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v5i2.9067.

Nopriyanti, T. D. (2017, Decembeer). Penggunaan Geogebra Dalam Statistika di Era Digital. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Porsidingpps/article/view/1464.

Setiawan, A., & Sulistiani, I. R. (2019). Pendidikan nilai, budaya, dan karakter dalam pembelajaran matematika dasar pada sd/mi. Elementerls: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 41-56. http://dx.doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2767.

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177.

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2022). Pemanfaatan akun google classroom dalam mengatasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada mahasiswa Universitas Pgri Silampari Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 9(1), 1-18. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2513.

Tarida, L. (2020). Pemanfaatan google classroom dan video pembelajaran berbasis problem solving sebagai solusi kegiatan belajar mengajar di era pandemi covid-19. Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, 5(1), 16-20. Retrieved from https://amn.ac.id/ojs/index.php/saintara/article/view/88.

Wicaksono, A. G. (2020). Belajar dan pembelajaran: Konsep dasar, teori, dan implementasinya. Surakarta: UNISRI Press.

Wiwin, W., & Firmanto, A. D. (2021). Konstruksi Model Spiritualitas Pastoral Bagi Katekis di Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(2), 125-137. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i2.31.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.