Inovasi dalam Pembelajaran: Peran Guru sebagai Desain Pembelajaran Kreatif

Novia Nurcahyanti, Siti Komsatun, Anis Umi Khoirotunnisa’

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif. Salah satu komponen penting dalam peningkatan mutu pendidikan adalah pendidik atau guru dalam berinovasi dan kreatif dalam pembelajaran yang bermutu. Penelitian ini menelusuri 9 artikel nasional. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa artikel tentang kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran kreatif dan berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan membaca, mengidentifikasi dan menganalisis, kemudian mendeskripsikan. Pemilihan artikel dengan mempertimbangkan indeks masing-masing jurnal, sehingga artikel yang diteliti merupakan artikel yang terindeks oleh Sinta. Hal ini bertujuan agar sumber yang digunakan terbukti valid, relevan, dan dapat dipercaya. Pengecekan indeks setiap artikel dilakukan melalui portal Sinta. Setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, peneliti mencatat untuk mencari informasi dan menganalisis informasi terkait dengan rumusan masalah pada artikel ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mempunyai peran penting dalam mencetak siswa berprestasi sehingga guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran. Misalnya saja penggunaan media pembelajaran berbasis digital yang mampu menyampaikan materi dengan baik dari guru ke siswa.

 

Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran, Kreatif


Full Text:

PDF

References


Pengembangan Kurikulum Pembelajaran. TSAQOFAH: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 23–38.

Ekafitri, R. (2023). Rita Ekafitri Bidang studi Matematika, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Agam. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 9–21.

Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 187–194.

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi Pendahuluan. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Herman, Dumaris Silalahi, Y. (2022). Collaborative Teacher and Students Sebagai Realisasi Pembelajaran Inovatif. Jurnal Indonesia Berdaya, 4(1), 267–272.

Kalalo, Debie K. R.Tambingon, H. N., & Rotty, V. N. J. (2022). Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia. JOTE (JOURNAL ON TEACHER EDUCATION): Research & Learning in Faculty of Education, 4(2), 41–47.

Khairunnisa, G. F., Ismi, Y., & Ilmi, N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140.

Murdiana, Rahmat Jumri, & Boby Engga Putra Damara. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 153–160. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr%0APengembangan.

Nggiri, K. M., Lunga, K. T., Tinggi, S., Kristen, A., & Bangsa, A. (2023). Peranan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Terhadap Proses Belajar Yang Kreatif. Inculco Journal of Christian Education, 3(1), 103–117.

Norhikmah, N. F., & Dwi Puspita, S. (2022). Inovasi Pembelajaran di masa Pandemi : Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran guru dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) studi kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 173-177.

Samala, A., Fajri, B., & Ranuharja, F. (2019). Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13-20. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221.

Sari, D. A., Misbah, H., & Ridwan, I. Q. (2021, February). Peran guru dalam membuat model pembelajaran daring yang inovatif dan kreatif terhadap motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Setiawan, R. (2020). Rancang bangun media pembelajaran berbasis android tanpa coding semudah menyusun puzzle. Jurnal Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(2).

Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.

Wahyudi, N. G. (2019). Desain pesan pembelajaran di era digital. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 104-135.

Zunidar. (2019). Peran Guru Dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal NIZHAMIYAH, 9(2), 41–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.