Media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) Pada Pembelajaran Matematika
Abstract
Pembelajaran matematika seringkali dianggap menakutkan dan membosankan. Hal ini menjadi pemicu siswa kurang menyukai mata pelajaran matematika, sehingga pemahaman siswa pada materi yang disampaikan oleh guru berkurang. Untuk menjaga efektivitas pembelajaran guru dapat menggunakan media pembelajaran saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berlangsung. Media pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mengaktifkan respon siswa, sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah meningkat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan efektivitas media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) dalam pembelajaran matematika di sekolah, baik jenjang SD,SMP, maupun SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara mendokumentasi semua jurnal yang memiliki penelitian serupa dengan penelitian ini. Jurnal yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 10 jurnal yang didapat dari database google scholar. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa media ULTRASI (Ular Tangga Numerasi) mampu meningkatkan pemahaman serta motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika disekolah.
Kata kunci: media pembelajaran, media Ultrasi, pembelajaran matematika
Full Text:
PDFReferences
Ardi, S. D. K., & Desstya, A.. (2023). Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 5(1), 7. https://doi.org/10.23917/bppp.v5i1.22934
Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika) dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas Keliling Bangun Datar Kelas III SD/MI. Journal Pendidikan Guru MI, 4(1), 127.
Baeti, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmu Matematika RealistikI, 4(1), 59.
Haris, I., & Nurjannah. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(2), 34-36.
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.
Ilmiah, Ridfah, A., & Dewi, E., M., P. (2022). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Matematika Trigonometri Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Kajian Psikologi, 1(1), 25-27.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Journal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 24.
Malikah, S. Q., dkk. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5194. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Nawafilah, N. Q., & Masruroh. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 45.
Pradana, K. C., Fadilla, A., & Putra, A. R. (2022). Peningkatan pemahaman matematika bagi anak-anak melalui pemberdayaan media belajar ular tangga matematika. Journal of Community Service in Science and Engineering (JoCSE), 1(1), 20. https://doi.org/10.36055/jocse.v1i1.16090
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 3(1), 31-39.
Putri, A., A., & Juandy, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy: Systematic Literature Riview (SLR) Di Indonesia. Pasundan Journal of Research Mathematics Learning and Education, 7(2), 137. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Rizqo, N., Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology, 1(1), 37-42.
Sari, N., Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F., S., (2020). Modul Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Sibuea, M. F. L., & Sinaga, H. D. E. (2018). Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Aljabar. Journal Matematics Paedagogic, 3(1), 26-29.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle di Kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 3(2), 136.
Urrohmah. A., et all., (2023). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Kelas II SDN 0 Negerikaton. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 538.
Wati, A., (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 69-70.
Zakky. (2020). Pengertian Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-pembelajaran/. (14 September 2023).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.