Strategi Pendidikan Karekter bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Pendidikan adalah amanah suci umat manusia yang dilindungi dan dijunjung tinggi oleh negara, Begitu pun dengan pendidikan karakter. Pendidikan karakter dimaksudkan untuk mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan pola sifat atau thx karakter yang baik sejak usia dini, sehingga sifat-sifat positif tersebut melekat dan berakar dalam jiwa mereka, Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang mempunyai kelainan/kelainan dibandingkan keadaan normal anak normal ditinjau dari segi fisik, mental, dan sosial. Peneltian ini menggunakan metode penelitian literatur (SLR). Strategi untuk mengenali karakter anak berkebutuhan kusus dengan cara, orang tua harus lebih terbuka pemikiranya, beradaptasi dengan anak, meningkatkan kedekatan emosional dengan anak, ajari anak mengeksplor ketrampilan anak, pelajari kebiasaan dan kebutuhan anak, itukan anak pada terapi terapi yang ada. Pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus tidak bisa disamakan melainkan harus diberikan sesuai dengan karakteristik kebutuhan dan kemampuannya.
Kata kunci: Pendidikan, Karakter, Anak Berkebutuhan Khusus
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.
Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. Magistra, 25(86), 1.
Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897. Doi:https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206.
Fauziah, S. B., Mahmudah, F. N., & Susatya, E. (2020). Strategi pembiasaan karakter bagi peserta didik berkebutuhan khusus. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 21-30. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3512.
http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/444.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/10075.
https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/abadimas/article/view/1632.
https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Hak+mendapatkan+pendidikan+bagi+anak+berkebutuhan+khusus+dalam+dimensia+politik+hukum+pendidikan&btnG=#d=gs_qabs&t=1694619821085&u=%23p%3DCJz-4ErzEssJ.
https://www.academia.edu/download/51984206/388-729-1-SM.pdf.
https://www.academia.edu/download/51984206/388-729-1-SM.pdf.
Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 207-222.
Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40
Rofisian, N. (2018). Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 19-25.
Yatmiko, F., Banowati, E., & Suhandini, P. (2015). Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Journal of primary education, 4(2), 77-84.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.