Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan

Mila Sari, Kharisma Yogik Nur Aini, Rosalinda Rosalinda, Devi Titin Sovia

Abstract


Pendidikan karakter adalah segala usaha yang dilakukan dengan tujuan mempengaruhi karakter seseorang. Penanaman pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan merupakan Pendidikan yang memuat tentang kebangsaan, negara, demokrasi, dan HAM. Tujuan ditulisnya artikel  ini yaitu untuk mengetahui upaya apa saja yang dapat dilakukuan untuk membentuk karakter mahasiswa. Metode penelitian ini adalah library reserch atau studi pustaka dan data dalam artikel  ini merupakan data skunder. Teknik analisis data yang terdapat dalam artikel ini menggunakan metode agih dan teknik validasi data triangulasi sumber. Hasil penelitian ini berupa 4 upaya yang dapat dilakukan untuk menanamkan karakter pada mahasiswa.

Kata kunci: mahasiswa, pendidikan karakter, pendidikan kewarganegaraan


Full Text:

PDF

References


Adha, M., & Perdana, D. R. (2020). Pendidikan kewarganegaraan. Retrived from http://repository.lppm.unila.ac.id/28164/1/3272-Kewarganegaraan.pdf

Akbal, M. (2016). Pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. Gadjah Mada University Press Bekerjasama Dengan LAN RI, 1(1), 485-493. Retrived from http://ips.pps.unm.ac.id/wp-content/uploads/sites/21/2020/11/Pendidikan-Kewarganegaraan-Dalam-Pembangunan-Karakter-Bangsa.pdf

Amin, M. N. (2015). Pendidikan karakter di madrasah (studi kompratif MTS Hidayatusy Syibyan Cendoro dan MTS Muhamadiyah 1 Karangagung Palang Tuban) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).Retrived from

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi kebijakan mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di perguruan tinggi. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 9(1). 263-278. http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144

Fitri, S. F. N., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam mencegah degradasi moral. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 96-102. https://doi.org/10.33559/eoj.v3i3.724

Harahap, A. C. P. (2019). Character building pendidikan karakter. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 9(1). 1-11. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i1.6732

Hikmah, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meninjau sejauh mana implementasi nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 417-425. Retrived from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3034403&val=20674&title=MENINJAU%20SEJAUH%20MANA%20IMPLEMENTASI%20NILAI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%20MELALUI%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN%20DI%20PERGURUAN%20TINGGI

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 3. Retrived from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=pendidikan+kewaeganegaraan+adalah&btnG=#d=gs_qabs&t=1685865611892&u=%23p%3DVmzkaxD-d8gJ

Junita, J., & Siregar, M. (2018). Penerapan metode pembelajaran diskusi dalam peningkatan prestasi belajar pada kompetensi dasar menjelaskan makna kedaulatan rakyat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 4(1), 36-45. https://doi.org/10.36987/civitas.v1i1.1499

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1). 17-26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991

Kosasih, A. (2015). Konsep pendidikan nilai. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.Retrived from https://www.academia.edu/download/36112726/Konsep_Pend._Nilai.pdf

Maftuh, B. (2008). Internalisasi nilai-nilai pancasila dan nasionalisme melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Educationist, 2(2), 134-144. Retrived from http://jurnal.upi.edu/educationist/view/49/Internalisasi%20Nilai-Nilai%20Pancasila%20dan%20Nasionalisme%20Melalui%20Pendidikan%20Kewarganegaraan

Megawanti, P. (2015). Meretas permasalahan pendidikan di Indonesia. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). 277-234. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i3.105

Nisa, D. K., & Ni'mah, J. (2017). Pengembangan bahan ajar Maharah al-Kitabah berbasis pendidikan karakter bagi mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab STAI At Tanwir Bojonegoro. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 49-68. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1241

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di Indonesia dalam mewujudkan program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145-6154. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). 464-468. https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145

Poluakan, MJ, Saerang, DP, & Lambey, R. (2017). Analisis persepsi atas faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keinginan seseorang menjadi whistleblower (studi kasus pada mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi , 5 (2). 2695-2705. https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.17109

Rahman, A., SH, M., & Baso Madiong, S. H. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi. Celebes: Media Perkasa.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta. Retrived from https://staffnew.uny.ac.id/upload/131644620/penelitian/PENDIDIKAN+HAKEKAT,+TUJUAN,+DAN+PROSES+Makalah.pdf

Rohman, A. (2015). Model algoritma K-Nearest Neighbor (K-Nn) untuk prediksi kelulusan mahasiswa. Neo Teknika, 1(1). https://doi.org/10.37760/neoteknika.v1i1.350

Sagoro, E. M. (2013). Pensinergian mahasiswa, dosen, dan lembaga dalam pencegahan kecurangan akademik mahasiswa akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 11(2). 54-67. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691

Setiawan, D. (2013). Peran pendidikan karakter dalam mengembangkan kecerdasan moral. Jurnal pendidikan karakter, 4(1). 53-63. http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). 47-58 http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Suranto, S., & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman berorganisasi dalam membentuk soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58-65. Retrived from https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/6772

Susanti, R. (2013). Penerapan pendidikan karakter di kalangan mahasiswa. Al-Ta lim Journal, 20(3), 480-487. http://dx.doi.org/10.15548/jt.v20i3.46

Suwito, A. (2012). Integrasi Nilai Pendidikan Karakter ke dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Melalui RPP. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). 256-269. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v2i03.29

Wibawa, S. (2017). Tridharma perguruan tinggi (pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 01-15. Retrived from https://www.academia.edu/download/76238351/file_80_1_.pdf

Widiyono, S. (2019). Pengembangan nasionalisme generasi muda di era globalisasi. Populika, 7(1), 12-21. https://doi.org/10.37631/populika.v7i1.24

Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenada Media

Zubaidi, A. (2015). Model-model pengembangan kurikulum dan silabus pembelajaran bahasa arab. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 107-122,Retrived from https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/240


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.