Literasi Matematika melalui Pembelajaran Inovatif

Adinda Novia Wahyuningrum, Alfina Lailani Rahmahdhani, Arif Achmad Subarkah, Ecin Riera, Rofifah Mei Salmawati

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur atau studi pustaka. Studi literatur merupakan suatu metode penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian tertentu, topik tertentu atau fenomena yang menjadi perhatian. Peneliti mengidentifikasi dan mengkaji melalui penelusuran. artikel nasional yang diambil dari literatur penyusunan melalui hasil download. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh kekuatan kajian ilmiah dalam kerangka kerja tentang literasi matematika melalui pembelajaran inovatif. Hasil penelitian ini adalah meyakinkan siswa bahwa matematika merupakan suatu hal yang logis, untuk menumbuhkan kepekaan peserta didik mengenai kekuatan matematika, serta kepercayaan peserta didik dalam kemampuan berfikir. Inovasi pembelajaran memungkinkan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik sehingga dapat menarik motivasi siswa dalam belajar. Menciptakan inovasi pembelajaran akan merangsang pendidik dalam menuangkan kekreativitasnya seperti metode, model dan teknik pembelajaran yang unik dan baru.

Kata kunci :  pembelajaran matematika, Inovatif.


Full Text:

PDF

References


Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 608–617.

Habibi, & Suparman. (2020). Literasi matematika dalam menyambut PISA 2021 berdasarkan kecakapan abad 21 [Mathematical literacy in welcoming PISA 2021 based on 21st century skills]. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 57–64.

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161

Junarti, S., Mulyono, Y. L., & Dwidayati, N. K. (2020). Studi Literatur tentang Jenis Koneksi Matematika pada Aljabar Abstrak. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 343–352. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144

Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smarthphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 954–969. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1172

Saputri, G. L., Wardono, & Karisudin, I. (2019). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 563–571. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29056

Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2018). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school

Syofyan, H., & Ismail, I. (2018). Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Dalam Pembelajaran Ipa. Qardhul Hasan: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 65. https://doi.org/10.30997/qh.v4i1.1189

Wardono, Waluya, S. B., Kartono, Mulyono, & Mariani, S. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo Schoology. Prisma 1, 1, 477–497. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Woolley, G. (2019). Developing Literacy in the Primary Classroom. New Delhi: SAGE Publications India Pvt Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.