Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Menggunakan Assessment Diagnostic
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab terjadinya kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan assessment diagnostic. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 46 Palembang dengan subjek 33 peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Analisis kesalahan peserta didik dilakukan berdasarkan teori Newman. Soal tes diagnostik yang diujikan berjumlah 10 soal, soal tersebut terdiri dari 2 soal dengan topik dua kelas di bawah, 6 soal dengan topik satu kelas di bawah, dan 2 soal dengan topik sesuai kelasnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik melakukan 5 kesalahan dalam menyelesaikan assessment diagnostic berdasarkan teori Newman, yaitu kesalahan membaca sebesar 25,11%, kesalahan memahami sebesar 35,68%, kesalahan transformasi sebesar 48,88%, kesalahan keterampilan proses sebesar 70,40%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 81,17%. Penyebab kesalahan-kesalahan tersebut dikarenakan rendahnya kemampuan peserta didik dalam membaca simbol, tidak memahami informasi yang ada pada soal, kurang tepat dalam mengaplikasikan rumus/teori dalam langkah-langkah penyelesaian soal, ketidaktelitian peserta didik dalam mengoperasikan bilangan, dan tidak paham dalam menentukan strategi dalam menyelesaikan soal matematika.
Kata kunci: Analisis Kesalahan Peserta Didik, Assessment Diagnostic, Teori Newman
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Lady. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(2), 188–197.
Arifin, S., Hidayah, I., & Raya Tuwel, J. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147–156.
Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 365–372.
Cahyaningtyas, O., Rahardi, R., & Irawati, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Newman Analysis of Student ’ s Errors in Solving Equality and Inequality Absolute Value Problems Based on Newman ’ s Theory. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(November), 238–248.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2021). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.
Daswarman, D. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Prosedur Newman. JEP: Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(1), 73–80.
Destiani, V., Siagian, T. A., Irsal, N. A., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2022). Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Statistika Kelas Viii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 429–439.
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1).
Jumiati, Y., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 11–18.
Magfirah, Maidiyah, E., & Suryawati. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12.
OECD. (2019). What Students Know and Can Do. In PISA 2009 at a Glance: Vol. I.
Oroh, V., Manurung, O., & Tumalun, N. K. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Matriks. ADIBA: Journal of Education, 02(02), 228–291.
Permata, J. I., Sukestiyarno, Y. L., & Hindarto, N. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran Cps dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 233–241.
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1), 12043.
Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 295–301.
Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.