Pembelajaran Etnomatematika pada Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality

Da’imatun Nasichah, Muhammad Afif Al-Fadli, Sulis Wahyuni, Rhefina Chahyani Rhizqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolaborasi alat musik tradisional dan bangun ruang dalam implementasi pembelajaran etnomatematika dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality (AR). Metode Systematic Literature Review (SLR) diterapkan dalam pengumpulan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah terkait. Hasil dari analisis berbagai sumber data dijadikan rancangan media pembelajaran matematika untuk kelas 5 Sekolah Dasar agar mempermudah pemahaman dan menambah wawasan  tentang bangun ruang yang terdapat pada alat musik tradisional. Dalam desain alat musik tradisional, konsep matematika geometri, khususnya bangun ruang, digunakan untuk menciptakan suara yang diinginkan. Teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran konsep bangun ruang adalah Augmented Reality (AR). Teknologi ini dapat memberikan bantuan bagi siswa Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan dalam membayangkan atau mengimajinasikan objek bangun ruang. Augmented Reality (AR) dapat memvisualisasikan gambar 2 dimensi menjadi 3 dimensi. Etnomatematika berbasis Augmented Reality mampu membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa dengan menggabungkan budaya, tradisi, dan teknologi. Dalam artikel ini ditunjukkan juga hubungan antara bangun ruang, alat musik tradisional, dan Augmented Reality.

 

Kata kunci: Bangun Ruang, Etnomatematika, Alat Musik, Augmented Reality


Full Text:

PDF

References


Aditama, P.W., Adnyana, I.N.W. & Ariningsih, K.A. (2019). Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi). 21 Februari 2019. 2, 176-182.

Andarini, F.F., dkk. (2019). Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional Banyuwangi sebagai Bahan Ajar Siswa.

Andiyana M.A., Maya, R. & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(3).

Astria, R.T. & Kusno, K. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 171-182.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah. 9(2), 227-232.

Dhiki, Y.Y. (2019). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Bangun Ruang pada Alat Musik Tradisional Wolotopo Kabupaten Ende. Jurnal Dinamika Sains. 3(1).

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1 Februari 2018, Semarang, Indonesia. 114-119.

Fauzi, A., Buchori, A. & Wulandari, D. (2021). Pengembangan Media Berbasis Android dengan Fitur Augmented Reality Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(6), 484-495.

Hasibuan, E.K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matematika. 7(1).

Irawan, A. & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 1(2), 74-81.

Jamun, Y.M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 10(1):48-52.

Listiawan, T., Hayuningrat, S. & Anwar, M.K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). 8(2), 1-10.

Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H.K. & Dasari, D. (2022). Analisis Bibliometrik: Penelitian Augmented Reality dalam Pendidikan Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). 11(1), 141-155.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 13(2), 174-183.

Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. J-SIKA: Jurnal Sistem Informasi. 3(1).

Novitasari, I. & Sihombing, Y. 2017. Deskripsi Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Faktor Penyebabnya dalam Memahami Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA). 7(1), 44-53.

Nur’aini, I.L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H. & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri secara Realistis dengan Geogebra. Jurnal Matematika. 16(2).

Nurdyansyah, N. & Aini, Q. (2017). Peran Teknologi Pendidikan pada Mata Pelajaran Matematika kelas III di MI Ma’arif Pademonegoro Sukodono. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1(1).

Saputri, S. & Sibarani, A.J.P. (2020). Implementasi Augmented Reality pada Pembelajaran Matematika Mengenal Bangun Ruang dengan Metode Marked Based Tracking Berbasis Android. Komputika: Jurnal Sistem Komputer. 9(1), 15-24.

Simanjuntak, R.M., Ginting, A.C.P.B., Situmorang, J.D. & Pardede, A.I. (2022). Eksplorasi Etnomatematka pada Alat Musik Sulim. Journal of Mathematics Education and Applied. 4(1). pp.69-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.