Efektivitas Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu cabang ilmu dalam dunia pendidikan adalah matematika. Dapat dikatakan bahwa matematika sebagai jembatan antar ilmu, karena matematika menghubungkan berbagai macam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, misalnya ilmu fisika, kimia, biologi, kedokteran, ekonomi, farmasi, dan teknologi informatika. Tujuan umum dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Pemecahan masalah bertujuan untuk melihat pemahaman siswa terhadap suatu materi. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP masih sangat rendah. Menurut data yang diterbitkan OECD dari periode survei 2009-2015, Indonesia konsisten berada di urutan 10 terbawah. Dari permasalahan tersebut, maka salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah pembelajaran Problem Solving. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini adalah nilai posttest lebih besar dari nilai pretest sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving cukup efektif dilaksanakan dalam proses belajar mengajar siswa kelas VIII A MTs Plus Sunan Drajat Kedungsantren pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok.
Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Problem Solving, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Afsari, S., Harahap, S. K., Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication. 1(3), 189–197.
Astuti, R. P. F. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII MTs-Sa Hidayatus Sholihin Tlogohaji Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020.
Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(01), 294–303.
Bimastuti, R. (2021). Gaya Belajar KOLB terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika pada Siswa. In JPP (Vol. 38, Issue 2).
Dien, N. F. A., Rasiman R., Aini, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Langkah Ideal Problem Solving Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 303–311.
Finarsih, L. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarowang Skripsi. (n.d.).
Ifyanti, A. I., & Dewi, N. R. (2022). Kajian Teori: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK dengan Nuansa Steam Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 391–396.
Kepa, S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda Neira. In Journal on Pedagogical Mathematics (Vol. 1, Issue 2).
Khoirotunnisa; A. U. (2022). Penerapan Experiental Learning pada Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar. 03(01), 179-188.
Kristiyani, T. (2008). Efektivitas Metode Problem-Based Learning pada Mata Kuliah Psikologi Kepribadian I (Replikasi). Cakrawala Pendidikan, 27 (3).
Maftukhah, N. A. (2018). Analisis Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Kemampuan Problem Solving Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Al-Hikmah, 6 (2).
Mandailina, V. (2014). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah (Problem Solving) dan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Kota Surakarta, 9 (1).
Milsa, M., Mawardi M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65.
Priska, V. H., Mawardi, M. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Model Pembelajaran Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 7(1), 220–227.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.