Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Rinna Rahmawati, Ali Noerudin, Neneng Rika Jazilatul Kholidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dengan melibatkan 2 kelas yang terdiri dari 35 siswa untuk kelas eksperimen dan 35 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam bentuk soal essay yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) memiliki nilai rata-rata sebesar 82,6, sedangkan kelas yang menggunakan model konvensional memiliki nilai rata-rata sebesar 73,57. Selanjutnya, dalam uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung > ttabel (4,033 > 2,007) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima.  Maka dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem kabupaten Bojonegoro.

 

Kata kunci: Efektivitas,Model Pembelajaran, Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Arismawati, U., & Djamillah Bondan, W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta. Jurnal Pedagogi Matematika, 7(2), 9-19.

Direktorat Pembinaan SMA. (2017). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Hanifah, M., & Indarini, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2571-2584.

Jana, P., & Supiati, E. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 88-93.

Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 85-91.

OECD. 2018. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.

Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sholeka, I. K., & Zainudin, M. (2020). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1, 650–659.

Susilowati, R. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 49-59.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2018). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.