Kearifan Lokal Kabupaten Tuban Sebagai Salah Satu Pendekatan Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Student’s Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Maulidiyawati Maulidiyawati, M. Zainudin, Ima Isnaini Taufiqur Rohmah

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu unsur kebudayaan. Kebudayaan dapat dikembangkan dan diwariskan melalui pendidikan. Sebaliknya, karakter dan pelaksanaan pendidikan ditentukan oleh kebudayaan. Namun, pada kenyataannya memasukkan unsur kebudayaan dalam dunia pendidikan merupakan hal yang langka khususnya dalam pembelajaran matematika. Kurangnya penyisipan atau pemahaman budaya dan tradisi lokal dalam pembelajaran di kelas akan menyebabkan siswa kurang menghargai budaya yang ada dan tumbuh di lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini yaitu menggali konsep-konsep matematika yang terintegrasi dalam kearifan lokal Kabupaten Tuban untuk melatih Higher Order Thinking Skill (HOTS). Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dimana dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menginterpretasi semua data penelitian yang relevan terhadap rumusan masalah atau area topik yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan objek atau unsur budaya kearifan lokal secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat dilakukan dengan memberikan soal atau permasalahan matematika yang berupa soal cerita yang mengintegrasikan kearifan lokal Kabupaten Tuban.

Kata kunci: Kearifan Lokal, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).


Full Text:

PDF

References


Ayuningtyas, N., & Rahaju, E. B. (2013). Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. Mathedunesa, 2(2), 1–9.

Fallis, A. . (2017). Bentuk-Bentuk Kearifan Lokal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fitria, R. (2021). 5 Fakta Ampo, Kuliner khas Tuban dari Tanah Liat yang Viral di TikTok. Kamis, 09 Des 2021 08:00 WIB. https://food.detik.com/info-kuliner/d-5846886/5-fakta-ampo-kuliner-khas-tuban-dari-tanah-liat-yang-viral-di-tiktok

Hartini, A., Fusnika, F., & Doro, M. (2021). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Tradisi Nyamaru Suku Dayak Ntuka Sebagai Wujud Cinta Budaya Di Mungguk Ganis Kecamatan …. JURNAL PEKAN: Jurnal …, 6(November), 164–176. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/1463

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 17–27. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210

Khairunisa, U., Azis, Z., & Sembiring, M. B. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning Berbasis Higher Order Thinking Skills. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 56–61. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/3133

Kristanto, P. D., & Setiawan, P. G. F. (2020). Pengembangan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Terkait Dengan Konteks Pedesaan. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 370–376.

Monteiro, C. (2020). Batik Gedog Tuban, Warisan Tanah Air Yang Hampir Punah. https://www.tatlerasia.com/lifestyle/arts/4-fakta-tentang-batik-gedog-tuban-yang-hampir-punah

Nikmah, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Jepara). Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v2i1.41324

Novianti, D. E. (2022). Pemecahan Masalah Matematika dalam Konsep Etnomatematika. 24–31.

Novianti, D. E., Waluya, S. B., & Dewi, N. R. (2022). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach ( A study on Regency Local Wisdom ). 142–148.

Nurrahmi, R. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah. 2–11.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. 1(1), 31–40.

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Ramadhani, F. (2020). Strategi perancangan rebranding kabupaten tuban yang memiliki potensi religi, budaya dan sejarahnya. DEKAVE, 1(2), 1–13.

Siti Nurhidayah, Ayu Rahmawati, D. S. S. (2022). Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 33–39.

Zainudin, M., & Subali, B. (2020). Capability Estimation of Student ’ s Higher Order Thinking in Mathematics by Using Polytomous. 8(3), 895–903. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080321

Zulfah. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS. 2(1), 1–6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.