Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar

Diyah Ayu Pitaloka, Fransisca Ajeng Fitri, Laily Rohmatin, Novia Nurcahyanti, Siti Masitoh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara seorang guru agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literatur Review (SLR). Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika, seorang guru dapat menerapkan beberapa model pembelajaran dan juga dapat mengembangkan beberapa media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar (SD) yaitu dapat dilakukan dengan menerapkan model discovery learning, model problem based learning, menerapkan pendekatan realistik, pengembangan e-modul.

Kata kunci: ketrampilan siswa, berpikir kritis, pembelajaran matematika

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, I. (2018). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendididikan Matematika, 5(1), 45–55.

Ardhini, R. A., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 201-215.

Arfika wedekaningsih, Henny, G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal BASICEDU, 3(1), 21–26.

Dari, F. W., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469-1479.

Dewi Pamungkas, Mawardi, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212–219.

Dianita Eka, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179.

Faudziah, W. S., & Budiman, I. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SD. Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research, 2(1), 22–29

Florentina Turnip, R., Rufi’i, & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 4 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 212–219. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17774

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Suci, dwi wulan, Firman, & Neviyarni. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049.

Wayudi, M., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Wedekaningsih, A., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan kritis dan hasil belajar Matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26.

Wira Suciono, Rasto, E. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi Era Revolusi 4 . 0. Jurnal Ilmu- Ilmu Sosial, 17(1), 48–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.