Analisis Kesulitan Belajar Siswa SD Negeri Kuniran II Kelas V Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat

Ulum Nafi’ah, Nur Rohman, Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V SD Negeri Kuniran II dalam materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang disesuaikan dengan indikator Teori Polya. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 11 siswa kelas V SD Negeri Kuniran II tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Dari hasil Tes diambil 3 siswa yang memenuhi indikator nilai bedasarkan teori Polya yaitu tinggi, sedang dan rendah, 3 siswa tersebut adalah 1 siswa dari indikator tinggi dan 2 siswa dengan indikator rendah. Kemudian 3 siswa tersebut akan di wawancara untuk mendapatkan informasi lebih mendalam. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang diambil adalah memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek pada kategori tinggi mampu memahami dan mengerjakan soal dengan baik dan benar. Siswa juga mampu mengerjakan tahapan-tahapan dengan runtut dan tepat. Sedangkan siswa dengan kategori nilai rendah mereka tidak mampu memahami dan mengerjakan soal dengan baik karena diakibatkan dari beberapa faktor yaitu kurangnya fokus siswa dalam mengerjakan soal, tidak teliti dalam memahami soal yang dikerjakan dan adapun faktor lain seperti tidak lancar dalam membaca sehingga siswa tidak mampu mengerjakan soal karena dari awal siswa tersebut sudah tidak bisa memahami soal yang diberikan.

 

Kata kunci: kesulitan belajar, matematis, operasi hitung bilangan bulat, teori polya

 


Full Text:

PDF

References


Anggun, P. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan. http://repository.radenintan.ac.id/13224/2/SKRIPSI%20%20BAB%201%262.pdf

Anugrahana, A. (2020). Analisis Kesalahan Matematika Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Sigma, 5(2), 91-99. https://www.researchgate.net/profile/Andri-Anugrahana/publication/340603610_

Asriyah, S. N. (2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa-siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Matematika/FKIP). http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/3386

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117

Fauziah, R., Reffiane, F., & Sukamto, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas 3 SDN Gebangsari 02. Jurnal Basicedu, 3(2), 838-843. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/177

Khasanah, A., & Mulyatiningsih, E. (2017). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Gizi Di Smkn 3 Purworejo. Journal of Culinary Education and Technology, 6(5). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/boga/article/viewFile/10090/9655

Kusuma, L. P., & Sutanto, J. E. (2018). Peranan kerjasama tim dan semangat kerja terhadap kinerja karyawan Zolid Agung Perkasa. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(4), 417-424. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/754

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/4075

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139-1148. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/831

Masrurotullaily, M., Hobri, H., & Suharto, S. (2013). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika keuangan berdasarkan model polya siswa smk negeri 6 jember. Kadikma, 4(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1045

Nurfina, E. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Borang (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan). https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/960/

Nurjannah, I. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika Pada Pembelajaran Dengan Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepon Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral Dissertation, IKIP PGRI Bojonegoro). http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/50

Nur Rohman, N., & Anita Dewi Utami, A. D. U. (2020). Analisis Level Pemahaman Mahasiswa Dalam memecahkan Masalah Matematika. http://repository.ikippgribojonegoro.ac.id/id/eprint/1408

Nur, R. S. (2021). Analisis kesulitan siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas vii smp negeri 2 duampanua kabupaten pinrang. Jurnal Pendidikan Matematika. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/16007-Full_Text.pdf

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939

Rohmah, L., Sri Handono B, P., & Yushardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Di Sman Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 7(4), 328-333. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/9653

Rosada, U. D., & Rosada, U. (2016). Diagnosis Of Learningdifficulties And Guidance Learningservices To Slow Learner Student. Journalof Guidance and Counselin, 2442- 7802. https://core.ac.uk/download/pdf/195163830.pdf

Rosida, S. M., & Rigianti, H. A. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi di SDN 1 Natai Sedawak. Warta Pendidikan| e-Journal, 6(12), 64-65. http://jurnal.warta-pendidikan.com/ojs/index.php/WP/article/view/185

Rospita, S. (2018). Analisis kesulitan belajar siswa kelas VI SDN 106162 medan estate pada materi operasi hitung bilangan bulat. Mini research konsep dasar matematika, Dikdas B1 PPs Unimed 2018. 3-4. https://www.researchgate.net/profile/Rospita_Silaban2/publication/325360587_

Solekhah, I., & Slameto, E. H. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Ii SD. Didaktika Dwija Indria, 6(2). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/11866

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534- 540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jisd/article/view/22311

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2). http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/231

Zahroh, F. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Di SMPN 13 Medan (Doctoral Dissertation, Unimed). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8156


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.