Inovasi Etnomatematika Berbasis Teknologi Artificial Intelligence (AI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Cahya Ayu Sekar Wangi, Lia Sofia, Moh. Abdul Shomad, Siti Komsatun, Sulistiyowati Sulistiyowati

Abstract


Salah satu ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dan perkembangan teknologi adalah matematika. Matematika adalah ilmu pemecah masalah dunia nyata yang membutuhkan pemikiran kritis dan keterampilan kreatif. Pemecahan masalah teknologi bantuan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) mempunyai pengaruh besar serta teknologi pendidikan juga memungkinkan kita memperoleh hal-hal baru dan pengalaman dengan cepat salah satunya di bidang etnomatematika, yaitu suatu pendekatan yang menggunakan pemahaman matematika dalam melestarikan kearifan lokal dalam budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi etnomatematika berbasis teknologi kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan menyeimbangkan penerapan teknologi kecerdasan Artificial Intelligence (AI) pada kehidupan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang digunakan sebagai sumber referensi berupa artikel dan jurnal dari Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemecahan masalah matematika berbasis etnomatematika dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang lebih relevan dan efektif.

 

Kata kunci : Pemecahan Masalah, Etnomatematika, Artificial Intellegence


Full Text:

PDF

References


Apriliyani, Sita Wahyu, & Fauzi Mulyatna. (2021). “Flipbook E-LKPD Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Teorema Phytagoras.” Seminar Nasional Sains 2 (1): 491–500.

Desfitri, R., Khairudin, K., & Zuzano, F. (2018). Etnomatematika di Zaman Teknologi Informasi: Peluang dan Tantangan dari Perspektif Multikultural.

Heruman. (2009). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Mambu, Joupy G Z, Dedek Helida Pitra, Aziz Rizki, Miftahul Ilmi, Wahyu Nugroho, and V Natasya. (2023). “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence ( AI ) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru Di Era Digital.” Journal On Education 06 (01): 2689–98.

Muhammad, Ilham, Febrinna Marchy, and Abdurrahman Do Muhammad Naser. (2023). “Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia (2017-2022).” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 11 (2): 267–79. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm.

Novianti, D. E. (2017). Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i1.1698

Oktavia, Maya Veri. (2020). “Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Milenial.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7 (1): 29–34.

Rachmawati, F., & Purwaningrum, J. P. (2019). Model discovery learning berbasis etnomatematika pada bangun ruang untuk Menumbuhkan kemampuan Literasi dan Karakter Nasionalisme Pada Generasi Z 4.0. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254-260. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4837.

Sanchez, C. H., & Albis, V. (2013). Ethnomathematics, In Runehov, A.L.C., Oviedo, L., and Azari, N.P (Ed.), Encyclopedia of sciences and religions. Springer:NewYork.https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8265-8_200872.

Sappaile et al. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol. 2 (2), hal 253-266.

Septiana, A., Amin, I. I., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Literatur: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika 7(2), 343-350.

Setiani, D., Rahmawati, E., & Pramesti, S. L. D. (2023, July). Indonesia Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Society 5.0: Indonesia. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 451-461).

Susanti, Dwi, Heri Retnawati, Elly Arliani, & Latif Irfan. (2023). “Peluang Dan Tantangan Pengembangan Asesmen High Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Indonesia Pendahuluan Pendidikan Adalah Rekontruksi Dan Reorganisasi Pengalaman Yang Menambah Arti Serta” 02 (02): 229–42.

Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. 2018. Inovasi Pembinaan Bahasa Dan Literasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Vol. 3. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.