Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VII

Fikri Kurniawan, Sujiran Sujiran, Joko Setiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Komik Digital matematika dengan lebih kreatif dan menarik dalam penggunaannya, sehingga media komik ini akan menjadi suatu trobosan terbaru khususnya pada mata pelajaran matematika. Dengan menggunakan media komik matematika ini diharapkan peserta didik dapat mengakses, memahami materi dengan mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa Komik Digital matematika, (2) mengetahui kelayakan media komik, (3) mengetahui respons peserta didik terhadap media komik matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE dan peneliti telah membatasi pada Lima tahapan, yaitu Analisis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi. Subyek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik MTS Matholiul Falah Simo.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi ahli materi termasuk dalam kategori “Layak”, dengan persentase 92 %. dan penilaian ahli media pembelajaran pada media komik matematika termasuk kategori “Sangat Layak” dengan 91.75%. Pada uji coba lapangan di MTS Matholiul Falah Simo yang melibatkan 1 pendidik dan 46 peserta didik dengan persentase 93% dengan keterangan “Sangat Menarik” untuk pendidik dan memeperoleh presentase rata-rata 87% dengan keterangan “Sangat Menarik” dari peserta didik untuk digunakan dan dijadikan media pembelajar

Kata kunci: Media pembelajaran , Komik Digital


Full Text:

PDF

References


Ariesta Freddy W. (2018).Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendas. Vol 3 No. 1

Asyhar Rayandra.(2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Vol. 2). Bonneff Marcel. (1998). Komik indonesia. Kepustakaan Populer Gramedia.

Endang Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan (Cet. 1). Ke-1, Alf. Bandung.

Fadillah Ahmad. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Fajrin dan Hernawati. (2017).Media Komik Untuk Melatih Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Tunarungu.Jurnal JASSI, Vol. 18 No. 2

Fimansyah Dani. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Fitriani, F., & Nurjannah, N. (2019). Peranan E-Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). J. Pedagog. Math., 1(2), 102-110.

Gumelar, M. S. (2015). Elemen & Prinsip Menggambar. An1mage.

Hayuwari Deashara Ayrien. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Foto untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Program Studi Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Jihad, Asep, and Abdul Haris, 2012 Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Nora Septina, Farida, Komarudin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah, Jurnal Tatsqif, Vol. 15 No. 2,

Regita Anesia, Bambang Sri Anggoro, Indra Gunawan. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Journal of Science and Mathematics Education.

Sanjaya Wina. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, and Riyana Cepi. (2008). Media pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1).

SMPN 14 Yogyakarta. (2018).Modul matematika Garis dan sudut.

Bertiliya,W.A. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yunianto, Teguh, Hasan Sastra Negara, and Suherman Suherman. (2019). Flip builder: Pengembangannya pada media pembelajaran matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.