Kemampuan Konsep Limit Fungsi: Suatu Prasyarat Pada Materi Analisis Riil

Junarti Junarti, Ali Noeruddin, Boedy Irhadtanto, Sarmidi Sarmidi

Abstract


Konsep limit merupakan konsep  penting dalam perkuliahan analisis riil. Analisis riil merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa program studi pendidikan matematika. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan sejauhmana kemampuan  limit fungsi  sebagai suatu prasyarat analisis riil sebagai salah satu kegiatan mendiagnosis kemampauan awal mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metose deskriptif kuantitatif berbasis perkuliahan,  yang dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika. Subyek peneltian yaitu semua mahasiswa  semester 3 prodi pendidikan sebanyak 64 mahasiswa. Prosedur pengambilan data melalui tes tertulis bentuk uraian dengan 12 indikator kemampuan menentukan limit fungsi. Data di analisis secara deskriptif dengan uji statistik satu variabel kemampuan konsep limit fungsi. Hasil penelitian bahwa kemampuan mahasiswa pada konsep limit menunjukkan dominan berada pada kelas interval  47-59 dengan  nilai rata-rata sebesar 53. Kemampuan konsep limit berada di bawah nilai standar minimal 75. Kemampuan konsep limit berdasarkan nilai rata-rata masih perlu diberikan pemantapan materi prasyarat terkait limit fungsi. Pemantapan pada materi prasyarat dimungkinkan untuk mengurangi kesulitan pada perkuliahan analisis riil.

 

Kata kunci: Kemampuan konsep limit fungsi, Prasyarat analisis riil


Full Text:

PDF

References


Fern, A., & Simpson, A. (2016). Three concepts or one ? Students ’ understanding of basic. Educational Studies in Mathematics, 93(3), 315–332. https://doi.org/10.1007/s10649-016-9707-6

Hartati, L. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal. P r o s i d i n g S e m i n a r N a s i o n a l S a i n S, 1(1), 373–381.

Huber, T., Sifuentes, J., & Wilson, A. T. (2021). Roadmap to Glory: Scaffoding real Analysis for Deeper Learning. International Journal Of Mathematica Education In Science and Technology. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1988741

Junarti, Sukestiyarno, Y. L., Mulyono, & Dwidayati, N. K. (2020). The process of structure sense of group prerequisite material: A case in indonesian context. European Journal of Educational Research, 9(3), 1047–1061. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.3.1047

Kartini, K., & Suanto, E. (2015). Analysis Of Difficulties By Students In Mathematical Proofs In Real Analysis Course. Prosiding Semirata2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, 189–199. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/semirata2015/article/view/14066/13275

Martin, S. N., & Gusteti, M. U. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal bilangan riil. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 387–397. http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v4i2.694

Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2022). Analisis kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata kuliah analisis real. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 4(1), 1–11. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Tirtamath/index

Nuraeni, N., Mulyati, E. S. M., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pasa Siswa MTs. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975–982.

Putri, P. A., Nursalam, N., & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh penguasaan materi prasyarat terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii smpn 1 sinjai timur. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17–30.

Rach, S., & Ufer, S. (2020). Which Prior Mathematical Knowledge Is Necessary for Study Success in the University Study Entrance Phase ? Results on a New Model of Knowledge Levels Based on a Reanalysis of Data from Existing Studies. International Journal of Research in Undergraduate Mathematics Education, 6, 375–403. https://doi.org/10.1007/s40753-020-00112-x

Salsabila, E. (2019). Influence of prerequisite concepts understanding and mathematical communication skills toward student ’ s mathematical proving ability. 14(1), 46–55.

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197–211. https://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.37

Usman, R. M., & Kristiawati, K. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Penguasaan Materi Prasyarat. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 79–94.

Wabula, D., & Cahyono, E. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Limit Fungsi pada Siswa SMA Berdasarkan Jenis Kelamin. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 191–196.

Wahyuni, M. (2017). Analisis Problematika Perkuliahan Analisis Real. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 135–149. https://media.neliti.com/media/publications/269807-pengembangan-bahan-ajar-mata-kuliah-alja-d61a668d.pdf

Widiati, I., & Sthephani, A. (2018). Difficulties analysis of mathematics education students on the real analysis subject Difficulties analysis of mathematics education students on the real analysis subject. The 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC). IOP Publishing. https://doi.org/doi:10.1088/1742-6596/1088/1/012037.

Wu, W. (2020). A Definite Explanation of the Concept of Limit in Teaching. Creative Education, 11, 2832–2836. https://doi.org/10.4236/ce.2020.1112208.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.