Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Disekolah Dasar

Ryan Yulianto, Endang Setiyowati, Diva Berlyana Putri, Mulyani Mulyani, Siti Hajar Bauw

Abstract


Guru berperan sebagai pencipta dalam proses belajar mengajar, yaitu seseorang yang mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang baik, menarik dan efektif. Dalam proses belajar mengajar, media pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada semua mata pelajaran matematika dengan menggunakan buku pop-up. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Tipe (PTK). PTK ini berlangsung dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Ngraho  dengan sampel sebanyak 18 siswa. Alat yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi guru untuk mengamati pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan Pop Up Support Book dan lembar observasi siswa untuk mengamati aktivitas dinamika belajar siswa, serta tes essay digunakan untuk melihat siswa hasil belajar, setelah pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% aplikasi pembelajaran yang menggunakan dukungan buku pop-up berhasil memenuhi kriteria ketuntasan. Analisis terhadap 50% data menunjukkan hasil akademik mahasiswa dari rata-rata nilai 68,3 pada semester I meningkat menjadi 86,1 pada semester II. Peningkatan sebesar 50%  juga terjadi pada ketuntasan siswa yang pada siklus I sebesar 50% menjadi 88,9% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pop up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran khususnya pada topik mata pelajaran matematika, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan media The Pop Up Book cocok digunakan pada mata pelajaran MATEMATIKA khususnya dokumentasi pada bangun ruang  karena dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan berdampak pada hasil belajarnya.

 

Kata Kunci : hasil belajar siswa, media pop-up book


Full Text:

PDF

References


Antara, I. N. R., Haris, I. A., & Nuridja, I. (2014). Pengaruh Kesiapan dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 1 Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiska, 4(1), 1–12.

D, D. A., & Ardiansyah, B. F. (2019). Analisis Teknik Dan Perkembangan Buku Pop-Up. Narada : Jurnal Desain Dan Seni, 6(1), 129. https://doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.007

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Karso. (2019). Keteladanan Guru dalam Proses Pendidikan di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019, 2, 382–397.

Masna, A. A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Pop-Up Mata Pelajaran IPA Untuk Anak Tunarungu Kelas IV SDLB B di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221.

Najahah, I. (2016). Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran Tenta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.