Pengaruh Media Pembelajaran Bareta Berbasis Aplikasi Android Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 1 Sugihwaras

Anang Zakariya Ospa, Ari Indriani, Ayis Crusma Fradani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran BARETA (Barisan dan Deret Matematika) terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Sugihwaras. Metode dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Sugihwaras yang terdiri dari 4 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai Sig. sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh media pembelajaran BARETA (Barisan dan Deret Matematika) terhadap kemandirian belajar peserta didik. Selain itu dari hasil SPSS juga didapatkan nilai R Square sebesar 0,376. Nilai ini artinya media pembelajaran BARETA berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik sebesar 37,6%.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, BARETA, Aplikasi Android, Kemandirian Belajar

 


Full Text:

PDF

References


Amin, K. A., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Magistra, 94(27), 12-23.

Anonim. (2022). Mobile Operating System Market Share in Indonesia - October 2022, (Online), (https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia), diakses 13 November 2022.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Dewi, R. M. I. (2020). Penggunaan Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. EDUTECH, 19(2), 214-228. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v1i2.24193.

Fitria, M. A., Utari, W., & Hartati, S. C. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Semangat Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru di SMK Teknologi Bojonegoro. JMP Online, 3(5), 657-669.

Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma, 6(1), 43–51. DOI: 10.24235/eduma.v6i1.1667.

Hidayat, R. D., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2). DOI: http://doi.org/10.21009/PIP.349.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia, (Online), (https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia), diakses 13 November 2022.

Kurniasih, S., Darwan, & Muchyidin, A. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Mobile learning Berbasis Android. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 8(2), 140-149. DOI: 10.25273/jems.v8i2.7041.

Lubis, R. I., dkk. (2015). Pengembangan Media Mobile learning “Chemondro” Berbasis Android Sebagai Suplemen Belajar Siswa SMA. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Sains, Magister Pendidikan Sains dan Doktor Pendidikan IPA FKIP UNS, Surakarta, 19 November.

Rahmawati, E. M., & Mukminan, M. (2017). Pengembangan m-learning untuk mendukung kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157–166.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470-477.

Syaputrizal, N., & Jannah, R. (2019). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Natural Science Journal, 5(1), 800–809. DOI: 10.15548/nsc.v5i1.901.

Wahyono, B. (2017). Kelebihan dan Kekurangan Kuesioner Sebagai Alat Pengumpul Data Penelitian, (Online), (http://www.pendidikanekonomi.com/2017/02/kelebihan-dan-kekurangan-kuesioner.html), diakses 7 Juni 2023.

Wibowo, A. S., & Koeswanti, D. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5101-5112. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600.

Wikipedia. (2022). Android (Sistem Operasi), (Online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)), diakses 24 November 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.