Desain Digital Book Sebagai Alternatif Sumber Belajar Aritmatika Sosial

Eni Nurhayati, M. Zainudin, Ima Isnaini Taufiqur Rohmah

Abstract


Penggunaan media digital sudah tidak asing lagi dalam era globalisasi ini, terutama dalam bidang pendidikan. Pembelajaran menggunakan media digital menjadi solusi alternatif yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran siswa di era 4.0 ini. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran akan lebih bervariasi dan menarik dari segi tampilan visual sehingga dapat menghadirkan suasana belajar di kelas lebih menarik dan interaktif. Namun pada kenyataannya penggunaan media digital sebagai sumber belajar masih belum maksimal digunakan dalam pendidikan saat ini. Hal tersebut juga merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan belajar dikarenakan siswa kurang menikmati pembelajaran sebab pembelajaran yang monoton dan terkesan susah. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan sebuah solusi untuk mengemas pembelajaran menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan media digital sebagai alternatif sumber belajar. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D, dirumuskan sebuah konsep perancangan media pembelajaran yang disajikan dalam bentuk buku digital yang interaktif sehingga mudah diakses oleh siswa. Hasil perancangan berupa buku digital interaktif dengan konten yang berbasis kontekstual sehingga siswa dapat memahami isi materi dikarenakan berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Digital book ini dapat dijalankan dengan menggunakan mobile maupun PC sehingga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

 

Kata kunci: Perancangan, Sumber Belajar, Digital Book, Aritmatika Sosial


Full Text:

PDF

References


Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Pixyoriza, Netriwati, & Sugiharta, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 25–39. https://doi.org/10.31932/jutech.v3i1.1418

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774–783.

Suriyah, P., Indriani, A., Novianti, D. E., & Rohman, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif House of Multiplication Bagi Siswa SDN Sidorejo sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, 50–56.

Sya’adah, A., Zainudin, M., & Mujahidin, A. (2021). Pengaruh E-Learning dan Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal of Technology Mathematics And Social Science, 1(1), 1–13.

Tambunan, L. R., & Sundari, E. (2020). Pengembangan Buku Digital Pada Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1184. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3084

Yoga, Tambunan, L. R., & Antika, R. (2021). Pengembangan Komik Digital Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk SMP Kelas VII. Student Online Journal, 2, 1587–1594.

Zaini, H., Darmawan, D., & Hernawan, H. (2019). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas X SMKN 2 Garut). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 816–825.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.