Pentingnya Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital
Abstract
Di era Digital, integrasi teknologi dalam pendidikan matematika menjadi faktor yang sangat penting. Artikel ini akan membahas mengapa penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika begitu penting. Memungkinkan pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, dan siswa lebih banyak mengakses materi pembelajaran untuk mengatasi pentingnya teknologi dalam proses pembelajaran di dunia yang saling terhubung dan maju secara teknologi. Sebagai hasil artikel ini telah dijelaskan mengapa integrasi teknologi masuk integrasi pendidikan matematika karena dalam matematika berperan sangat penting bagi lingkungan pembelajaran agar menarik dan interaktif, akses yang lebih nyaman terhadap sumber belajar. Dan guru akan membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih jelas. Hal ini dikarenakan teknologi dapat membantu guru dengan mengurangi pergantian siswa dan memberikan jawaban yang lebih tepat. Penggunaan teknologi dalam pengajaran matematika juga menyebabkan beberapa masalah, seperti masalah aksesibilitas dan disabilitas.
Kata kunci: Teknologi, Matematika, Era digital
Full Text:
PDFReferences
Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117-129. https://doi.org/10.37304/jikt.v11i2.104
Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318). http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512
Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57-65. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24759
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977
Hutapea, R. H., & PAK, S. (2020). Peran guru dalam pengembangan peserta didik di era Digital. https://repository.iaknpky.ac.id/repo/handle/123456789/551
Manoy, J. T., & Wijayanti, P. (2014). Strategi pembelajaran matematika. http://repository.ut.ac.id/4725/1/PEMA4301-TM.pdf
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf
Ompusunggu, V. D. K. (2013). Peningkatan kemampuan pemahaman matematik dan sikap positif terhadap matematika siswa SMP Nasrani 2 Medan melalui pendekatan Problem Posing (Doctoral dissertation, Unimed). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3933
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah pendidikan dasar, 4(1). http://dx.doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p
Riyana, C. (2008). Peranan teknologi dalam pembelajaran. Universitas Indonesia, Jakarta. https://www.researchgate.net/profile/Cepi- Riyana/publication/242646955_PERANAN_TEKNOLOGI_DALAM_PEMBELAJARAN/links/58d73b96aca2727e5ee9d9eb/PERANAN-TEKNOLOGI-DALAM-PEMBELAJARAN.pdf
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Siswono, T. Y. E. (2012). Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini. In Seminar Pendidikan Anak Usia Dini (pp. 1-9). https://www.academia.edu/download/31599275/ Belajar_dan_Mengajar_Matematika_Anak_Usia_Dini.pdf
Suheri, A., Rosmawiah, R., Effrata, E., & Wisman, Y. (2020). Guru Profesional Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2), 278-291. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Umbaryati, U. (2016, February). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. In PRISMA, prosiding seminar nasional matematika (pp. 217-225). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.