Implementasi Artificial Intelligence dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality
Abstract
Artificial Intelligence memegang peranan yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas. Hal ini dikaitkan dengan fungsi Artificial Intelligence yang bekerja dengan proses otomatisasi. Salah satu penerapan Artificial Intelligence dalam dunia pendidikan adalah membantu proses pembuatan media pembelajaran yang berbasis Augmented Reality. Karena hal ini lah, maka penelitian ini penting untuk dilakukan guna mengetahui bentuk implementasi Artificial Intelligence dalam pembuatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih detail terkait implementasi Artificial Intelligence. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang bersumber dari publikasi hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian berupa penjelasan mengenai implementasi Artificial Intelligence dalam proses pembuatan media pembelajaran yang berbasis Augmented Reality. Simpulan dari penelitian ini adalah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan dapat digunakan untuk membantu proses pembuatan media pembelajaran yang lebih relevan dengan perkembangan teknologi.
Kata kunci: Artificial Intelligence, Augmented Reality, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi, 2, 176-182.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.
Ahmad, A. (2017). Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning. Jurnal teknologi Indonesia, 1-5.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.
Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadarma, I. G. P. (2019). Web-Lembar Kerja Siswa IPA terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 129-138.
Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17-28.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality Sebagai media pembelejaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174.
Mustaqim, I., Kurniawan, N. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal edukasi elektro, 1(1), 36-48.
Permana, F. S., Putro, M. N. S., & Suwartika, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Cloud Blynk Dalam Sistem Kontrolling Stop Kontak Lampu Rumah Berbasis Aplikasi Android. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA (JUTEKIN), 9(2).
Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: Sebuah studi pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39-42.
Rachman, A. F., Ridwan, D. A., Damarudin, S., & Saifudin, A. (2023). Kecerdasan Buatan Dalam Otomatisasi Pengujian Perangkat Lunak E-Commerce. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(06), 1742-1746.
Sabella, B., Rhomadhona, H., & Arrahimi, A. R. (2023). Pelatihan pembuatan game sederhana sebagai media pembelajaran untuk pengajar smp berbasis artificial intelegent. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 69-76.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.