Tren Inovasi Terbaru dalam Pendidikan dan Pembelajaran : Bagaimana Mengubah Cara Kita Belajar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kontribusi teknologi dalam mengubah cara kita belajar. Metode penelitian ini dibuat dengan Systematic Literature Review (SLR) yakni dengan pencarian literatur, memilih sumber yang jelas, melakukan identifikasi secara mendalam, penyeleksian literatur, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menelusuri 7 artikel nasional yang diperoleh dari database Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish (PoP). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari artikel tentang inovasi terbaru dalam pendidikan dan pembelajaran yang dapat mengubah cara kita belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi memiliki kontribusi yang signifikan dalam mengubah cara kita belajar. Pengklasifikasian kontribusi teknologi dalam pembelajaran ada 5 yaitu : aksesibilitas dan fleksibilitas, peningkatan pemahaman dan efektivitas, personalisasi dan kolaborasi, peningkatan kualitas dan keanekaragaman pembelajaran, mendorong inovasi dan berpikir kritis. Namun, teknologi hanyalah alat, dan keberhasilan pendidikan masih tergantung pada kualitas perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi dengan bijak dan efektif sangatlah penting.
Kata kunci : Inovasi pendidikan, Kontribusi teknologi, Cara belajar, Systematic literature review
Full Text:
PDFReferences
Adlina, N. (2022). Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 dengan Pendekatan STEAM di Era Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 120. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i6.134
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Ardiansyah, A. A., & Nana. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal of Education Research and Review, 3(1), 47–56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/24245/pdf
Cahyaningrum, Y., Cuhanazriansyah, M. R., Hendrawan, A., & Nafi, N. (2023). Implementasi game based learning ( GBL ) monopoli digital ( MonDig ) dalam pembelajaran mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro. 8(1), 70–74.
Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5736/4117
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nana, N. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Sekolah Menengah Atas Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 190. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28544
Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & Dahlan, D. (2023). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 183–189. https://doi.org/10.47647/jsh.v6i1.1499
Parikesit, H., Adha, M. M., Hartino, A. T., & ... (2021). Implementasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan …, 9(2), 545–554. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/35090
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693
Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Iqbal Wibisono, M. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79–88. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6173
Simarmata, J., Feriyansyah, Iqbal, M., Nasution, I. N., & Limbong, T. (2019). Tren Dan Aplikasi: Strategi dan Inovasi dalam Pembelajaran. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).
Sinaga, E. P. (2019). Blended learning: transisi pembelajaran konvensional menuju online. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 855–860.
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Warsita, B. (2017). Peran Dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Kwangsan, 5(2), 14. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i2.42
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.