Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Mariatul Qibthiyah, Dwi Erna Novianti, Ali Mujahidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Ngambon yang terdiri dari 7 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai Sig. sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Selain itu dari hasil SPSS juga didapatkan nilai R Square sebesar 0,718. Nilai ini artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 71,8%.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran TSTS, Kemampuan Komunikasi Matematis

 


Full Text:

PDF

References


Novianti, Dwi Erna (2017) profil pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan permasalahan pemrograman linear ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis mahasiswa.

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/1698

Pujiastuti, H. (2014). Pembelajaran Inquiry Co-operation Model untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan Self-Esteem matematis siswa SMP. Disertasi pascasarjana UPI. [online]. Tersedia pada: http://repository.upi.edu/6749/6/D_MTK_1102667_Chapter3.pdf.

Sugilar, Hamdan. (2017) ‘‘Daya Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika.’’ JNPM (Jurnal Nasonal Pendidikan Matematika), 2017. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.252

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Utarja, T.R (2018). ‘‘Pengembangan Model Pengalaman (Experiental) Berbasis Kelompok Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas VII di SMP. Jurnal Tuturan, 7 (2), 895-902.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.