Analisis Minat Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Inquiri Based Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis minat belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Inquiri Based Learning. Subjek dari penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas VIII B SMPN 2 Jiken. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur minat belajar peserta dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri Based Learning. Hasil data diperoleh dan dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif berupa persentase dengan menggunakan program Excel for Windows. Hasilnya menunjukkan bahwa berdasarkan rata-rata presentase minat belajar peserta didik tergolong tinggi yaitu sebesar 80,55%. Dengan menerapkan model pembelajaran Inquiri Based Learning peserta didik dapat berinteraksi dengan baik dan lebih aktif pada proses pembelajaran, serta mampu bertoleransi dalam berdiskusi antar teman kelompoknya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inquiri Based Learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata kunci: Minat belajar, Inquiri Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Alfiani, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 17(3), 170. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.16008.
Amin, A. K., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Djatmika, E. T. (2021). The Effectiveness of Mobile Blended Problem Based Learning on Mathematical Problem Solving. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(1), 119–141. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I01.17437.
Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.4.
Flora Siagian, R. E. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 885–892. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.240.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870.
Hidayat, T., & Astuti, R. F. (2018). Team Assisted Individualization Berbasis Penyelesaian Masalah: Metode Baru Dalam Pembelajaran Teori Ekonomi Mikro. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(Vol 28, No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL), 44–53. http://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/7589/4334.
Larasati, D. A., Sutirna, & Aini, I. N. (2022). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1015–1022. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1015-1022.
Linajawa, D. I. S. D. N., Noge, M. D., Awe, E. Y., & Pgsd, P. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IA2 SMA NEGERI 4 Singaraja. Jurnal Citra Pendidikan (JCP), 2, 295–304.
Magfirah, A., Syarif, I., & Rahmat, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(2), 9–18. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i2.2592.
Mellita, S. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 11(2), 133. https://doi.org/10.32678/primary.v11i02.2323.
Nurhafifah, A. & M. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sma Di Kabupaten Bandung. Journal on Education, 01(03), 308–314.
Pramudya, P. A., & Safrul, S. (2022). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8131–8138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3749.
Puspita, T. (2019). Analisis minat belajar siswa smp kelas viii di kota bandung terhadap pembelajaran matematika. Journal On Education, 174-178.
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. 9(2), 64–70.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494.
Sihombing, S. (2021). Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran Dalam Jaringan kelas X SMA Kota Medan. Sepren, 2(2), 50–66. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.555.
Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8404.
Sriyanti, I. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dan Pembelajaran Ekspositori. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 86–96. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2165.
Villa, M. H. A.-A., Ainol, & Zairozie, A. Z. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah Tarbiyatul Islam. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3735–3740.
Widoyoko, eko putro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penellitian (4th ed.). PUSTAKA PELAJAR Celeban Timur UH III/548 Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.