Kolaborasi Pembelajaran melalui Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam upaya Peningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan

Muhammad Rinov Cuhanazriansyah, Yuniana Cahyaningrum, Nurlita Abelianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan mengkolaborasikan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) yang tekanan terhadap daya praktikalitas daripada teori. Dimana pada penerapan model PBL  yang mengacu pada permasalahan secara kehidupan nyata yang sesuai dengan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuannya, agar dapat terciptalah sinkronisasi antara pembelajaran praktikalitas dengan kebutuhan industri saat ini. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 01 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Hasil analisis diperoleh pada siklus I ketuntasan sebesar 67% dengan kategori baik, pada siklus II sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kolaborasi antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di seluruh penjurusan materi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 01 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: PBL, TaRL, Hasil belajar, Sekolah Menengah Kejuruan, Siswa


Full Text:

PDF

References


Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 155-164.

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1).

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287.

Rahmawati, D., & Asri, M. T. (2023). Pengembangan E-LKPD Virus Berbasis Problem Based Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 250-259.

Winarni, E.W., (2018), Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliani, M., Keliat, N. R., Sastrodihardjo, S., & Kurniawati, D. (2017). Penerapan Model Discovery Learning dan Strategi Bowling Kampus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas VII A di SMP Kristen 2 Salatiga pada Materi Energi. Bioedukasi UNS, 10(1), 23-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.