Pentingnya Pendidikan Seksual pada Remaja dalam Kurikulum Pendidikan

Anisa Vitriana Indofah, Eka Putri Mulya Ningrum, Jeni Anggraeni, Sarmidi Sarmidi, Windarsih Windarsih

Abstract


Pendidikan seksual adalah jenis pendidikan berdasarkan kurikulum yang bertujuan memberikan anak-anak dan remaja dengan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan nilai-nilai yang membantu mereka membentuk pandangan positif terhadap aspek seksualitas, yang sesuai dengan tahap perkembangan emosional dan sosial mereka. Masa remaja adalah masa penting dalam perjalanan kehidupan setiap individu. Ini adalah fase transisi di mana terjadi perubahan dalam bidang fisik dan psikologis dari masa kanak-kanak menuju kedewasaan. Perubahan fisik menjadi gejala utama dalam perkembangan remaja, sementara perubahan psikologis juga dapat muncul sebagai hasil dari perubahan fisik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini juga disebut sebagai penelitian kepustakaan. Penelitian literatur merupakan teknik mencari, mengumpulkan, dan menganalisis sumber data yang akan diolah dan disajikan dalam bentuk laporan penelitian literatur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendukung remaja dalam meningkatkan pemahaman tentang kesehatan, gejala penyakit, dan tindakan yang perlu diambil, sehingga mereka dapat mengubah perilaku mereka setelah menerima pendidikan seksual yang diterapkan dalam kurikulum pendidikan.

Kata kunci : pendidikan seksual, remaja, kurikulum pendidikan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahmansyah, (2023). Opini : Kurikulum Pendidikan Seksual Perlukah?. Palembang : SRIPOKU.

Aulia, F. (2014). Studi Deskriptif Help Seeking Behaviour Pada Remaja yang Pernah Mengalami Parental Abuse Ditinjau dari Tahap Perkembangan (Masa Awal Anakanak - Masa Remaja) dan Identitas Gender. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–17.

Bella, S. M., & Istianah, F. (2017). Pendidikan Seksualitas Sejak Dini sebagai Upaya Menghindarkan Anak-Anak Usia Sekolah Dasar dari Penyimpangan Seksualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254539.

Desta Ayu, (2019). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Remaja dan wanita. Yogyakarta: Tim Pustaka Baru.

Dewi, R., & Bakhtiar, N. (2020). Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI/SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual. Instructional Development Journal, 3(2), 128-138.

Fanani, Z. (2023). Pentingnya Pendidikan Seksual Dalam Kurikulum Sekolah. Jagoketik.com.

Kusmiran, E (2011). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Pangkahila, Wimpie, (2011). Anti-Aging. Tetap Muda dan Sehat. Penerbit: PT. Kompas Media Nusantara.

Sarwono, S. W. (2019). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahayu, D. (2022). Pentingnya pendidikan seks pada anak usia dini di era digital. Unja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.