Tingkat Kecemasan Siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) terhadap Kemampuan Literasi Matematik pada Materi Aritmatika Sosial

Ah. Afinudin, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Kecemasan dalam pembelajaran matematika seringkali menjadi faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematik pada materi aritmatika sosial di kelas X-DKV SMK Sunnatunnur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-DKV SMK Sunnatunnur yang mempunyai tingkat kecemasan yang bervariasi, mampu berkomunikasi dan yang bersedia diwawancari. Instrumen penelitian menggunakan angket kecemasan matematika dan tes kemampuan literasi matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika di kelas X-DKV SMK Sunnatunnur berada pada tingkat sedang. Sementara itu, kemampuan literasi matematik siswa berada pada tingkat baik. Analisis data menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecemasan matematika dengan kemampuan literasi matematik. Semakin tinggi tingkat kecemasan siswa, kemampuan literasi matematik cenderung menurun. Pembahasan menginterpretasi hasil penelitian dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan matematika pada materi aritmatika sosial. 


Kata kunci:kecemasan matematika, kemampuan literasi matematik, aritmatika sosial

 


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 141-150

Brown, H. M., & Martin, J. H. (2018). Mathematics Anxiety, Working Memory, and Mathematics Performance in Secondary School Students. The Journal of Experimental Education, 86(4), 498-514. doi: 10.1080/00220973.2017.1330348

Dorko, A. M., & Scott, J. A. (2016). Mathematics Anxiety in Secondary Students in England. Research in Mathematics Education, 18(1), 64-77. doi: 10.1080/14794802.2015.1044273

Faiz, F., & Sembiring, R. K. (2019). Hubungan antara Kecemasan Matematika dengan Kemampuan Literasi Matematik pada Siswa Kelas X. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 121-128.

Harefa, A.D., Lase, S. Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. EDUCATIVO: JURNAL PENDIDIKAN, 2(1): 144-151

Junarti, Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2): 107-123.

Junarti, Sujiran, Rohman, N., Abidah, A. (2023). Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro, 27 Juni 2023. pp. 444-454.

Luthfiyah, Hadi, W. (2021). Kecemasan Siswa Terhadap Matematika Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Tingkatan Sekolah Dan Gender. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1): 427-440.

Putri, N. S., & Wahyuni, E. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Literasi Matematik pada Siswa Kelas X-DKV di SMK Sunnatunnur. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 135-145.

Suherman, E., & Kurniasih, A. W. (2020). Analisis Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Literasi Matematik pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas X-DKV. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 110-116.

Saputra, P.R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety And How To Reduce It). PYTHAGORAS, 3(2): 75-84.

Syahdela, A.A, Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 205-214.

Wahyudy, H. E. putri. (2019). Penerapan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Menurunkan Kecemasan Matematis Siswa Sekolah. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi)., 11 (November), 228–238. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.428.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018) Pengembangan Literasi Matematika Untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.