Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Gaya Belajar Auditori
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa Sekolah Dasar dengan gaya belajar auditori. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa yang dipilih dari18 siswa kelas V SD Negeri Siwalan I dengan gaya belajar auditori. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian meliputi angket gaya belajar, tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa audiotorial mencapai kemampuan literasi matematis pada level 2 atau level rendah, karena siswa tidak dapat menafsirkan dan mengenali situasi pada soal serta tidak melaksanakan prosedur serta menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal sederhana.
Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Gaya Belajar, Auditori, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Junarti, Zuhriyah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 17 Desember 2022, 3(1), 205-214.
Ahyansyah. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar. 2 (2), 78-87.
Amaliya, I., Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 05(1), 45-56.
Baharuddin, dkk. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan. 7(1), 82-95.
Drummond, M. J. (2003). Assessing Children Learning. London: David Fulton Publishers.
Hamidah, A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia. 10(2), 157-162.
Hamzah, H. (2021). Sunday Mathday: Ranking PISA Indonesia dan Pembahasan Soal.URL:https://www.zenius.net/blog/rankingpisa-di-indonesia-danpembahasansoal. Diakses tanggal 30 September 2022.
Harahap, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(2), 2089-2098.
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang. 1(1), 30-41
Junarti. & Zainudin. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama. 9(2), 107-123.
Junarti, Sujiran, Rohman, N., Abidah, A. (2023). Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Prosiding Seminar Nasional DaringUnit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro 27 Juni 2013, 1(1), 444-454.
Masfufah, R. & Afriansyah, E.A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Journal Pendidikan Matematika. 10(2), 291–300.
Muzaki & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3), 493-502.
NCTM. (2000). Prinsip dan Standar Matematika Sekolah. http://www.nctm.org/sandarts/content.aspxid=26862. Diakses pada tanggal 30 September 2022.
Nyoman. (2016). Analisis Motivasi dan Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 3 (1) ,109-119.
OECD. (2009). Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris:OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2017 Assessment and Analytical Framework. OECD Report.
Oktaviani, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(2), 433-444.
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 06(01), 348-364.
Setiyanik, L., Junarti, & Utami, A.D. (2020). Profil Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 06-14.
Tabun, Taneo, & Daniel,F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(1), 1-8.
Wahab, I., & Nuraeni. (2020). The analysis of students’ learning style. Scope of English Language Teaching, Literature and Linguistics. 3(1), 41–46.
Windayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Erudio. 2 (1), 56-67.
Zainiyah, U & Marsigit, M. (2018). Literasi Matematika: Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi). Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 4(1).5-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.