Analisis Kesalahan Literasi Matematika Siswa MTs Salafiyah Sukosewu pada Materi Koordinat Kartesius
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan literasi matematika siswa pada materi Koordinat Kartesius. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yaitu observasi, tes dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A MTs Salafiyah Syafi’iyah Sukosewu yang berjumlah 24 siswa, dengan 3 subjek yaitu kelompok atas, tengah dan bawah yang dibagi sesuai dengan hasil ulangan guru mata pelajaran sebelumnya pada materi Koordinat Kartesius. Hasil penelitian ini yaitu diananlisis sesuai dengan Teori Newman yaitu menunjukkan bahwa siswa pada kelompok atas dapat menjawab 4 dari 5 soal dan siswa melakukan kesalahan pada soal nomer 1 yaitu kesalahan transformasi masalah, siswa kelompok tengah dapat menjawab 4 dari 5 soal dan siswa melakukan kesalahan pada soal nomer 5 yaitu kesalahan ketrampilan proses dan siswa kelompok bawah dapat menjawab 2 dari 5 soal dan siswa melakukan kesalahan pada soal nomer 1, 3 dan 5 yaitu kesalahan memahami masalah, ketrampilan proses dan penulisan jawaban.
Kata kunci: Literasi Matematika, Koordinat Kartesius
Full Text:
PDFReferences
Agustin, T., Junarti, & Mayasari, N. 2022. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika pada Pokok Bahasan Statistik Siswa Kelas XI TKR SMKN 3 Bojonegoro. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 1(2), 28-35. Dari https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=a7gGeJsAAAAJ&citation_for_view=a7gGeJsAAAAJ:LPZeul_q3PIC
Alghifaari, M. A., Kurniati, N., & Turmuzi, M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash pada Materi Koordinat Kartesius Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 669-681. Dari https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/article/view/106
Alviyah, T. J., & Danoebroto, S. W. 2021. Pengertian, Tujuan dan Pengembangan Kemampuan Literasi Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 44-54. Dari http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/journals/index.php/idealmathedu/article/download/279/87/
Fauziah, Q., Zainudin, M., & Nurdianingsih, F. 2022. Pengembangan Instrumen Pengukuran Literasi Matematika Padamateri Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Kontekstual. Journal of Technology, Mathematics and Social Science, 2(2), 20-26. Dari https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JTHOMS/article/view/2958
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., ... & Waris, L. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press. Sumatra Barat: Get Press.
Indriani, A., & Novianti, D. E. 2018. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. Dari https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=dwi+erna+novianti+literasi+matematika&oq=#:~:text=DE%20Novianti%20%2D-,academia,-.edu
Junarti, J., Sujiran, S., & Utami, A. D. 2021. Strategi Analogi-Abstraksi untuk Membangun Literasi Matematis pada Eksistensi Elemen Identitas dan Elemen Invers pada Materi Grup. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 8-21. Dari https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1134
Lukman, S., & Zanthy, L. S. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Memecahkan Masalah Literasi Matematis Pada Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 101-106. Dari http://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2398
Sari, P. P., Hasbi, M., & Umam, K. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2). Dari https://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-matematika/article/viewFile/2826/4140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.