Pelevelan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Perbandingan

Afnita Agil Syahdela, Junarti Junarti, Fifi Zuhriah

Abstract


Level kemampuan literasi matematis siswa dapat menentukan tingkat pemahaman suatu  konsep. Konsep perbandingan bagian dari konsep matematika dasar yang penting untuk dipahami siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan level kemampuan literasi matematis siswa pada materi perbandingan. Penelitian ini dilakukan di kelas VII MTs Plus Nabawi Kedungadem sebanyak 48 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan bentuk soal uraian untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis mengadaptasi indikator pada level PISA. Hasil penelitian menunjukkan yang mendominasi kemampuan literasi siswa pada level 1 sebesar 60,42 %, selanjutnya pada level 2 sebesar 27,08 %,  kemudian level 3 sebesar 10,42 % dan yang terkecil dipenuhi level 4 sebesar 2,08%. Hasil ini menunjukkan bahwa 60,42 % dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan untuk menyelesaikan soal esai (uraian) dengan menuliskan diketahui dan ditanyakan dan dapat menuliskan bentuk umum untuk penyelesaian soal esai (uraian) pada materi perbandingan.

 

Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Materi Perbandingan


Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Gaya Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 141-150.

Begle, E. G. 1979. Critical Variables in Mathematics Education. Reston: VA.

Bell, Fredrick. 1981. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). USA: Wm. C. Brown Company Publishers.

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Haara, F.O. (2018). Pedagogical Entrepreneurship in School Mathematics: An Approach for Students’ Development of Mathematical Literacy. International Journal For Mathematics Teaching And Learning, 19(2) 253-268.

Hakiki, Ananda, I. dan Pradnyo Wijayanti, P.. (2021). “Level Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Kemampuan Matematika.” MATHEdunesa 10(2):385–95. doi: 10.26740/mathedunesa.v10n2.p385-395.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), Article 1.

Junarti, Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2): 107-123.

Junarti, Sujiran, Rohman, N.. Abidah, A. (2023). Profil Tahapan Proses Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Limit Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Daring Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi) IKIP PGRI Bojonegoro. 444-454.

Muzaki, Ahmad, dan Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(3):493–502. doi: 10.31980/mosharafa.v8i3.557.

Muslimah, Hujjatul, dan Heni Pujiastuti. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 8(1):36–43. doi: 10.21831/jpms.v8i1.30000.

Manfreda Kolar, V., & Hodnik, T. (2021). Mathematical literacy from the perspective of solving contextual problems. European Journal of Educational Research, 10(1), 467-483. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.1.467.

Nurkamilah, M. Nugraha, M.F. & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia, Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2): 70-79

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standards for

Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Ratumanan, T.G. 2016. Analisis Penguasaan Objek Matematika (Kajian pada Lulusan SMA Di Provinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2): 146-154.

Syahdela, A.A, Junarti, Zuhriah, F. (2022). Profil Literasi Matematis dan Profil Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Pembelajaran Quizizz pada Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. 17 Desember 2022. pp. 205-214.

Thomson, S., Hillman, K., & Bortoli, L. De. (2013). A teacher ’ s guide to PISA mathematical literacy. Australia: ACER Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.