Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal HOTS

Dewi Nur Masita, Anis Umi Khoirotunnisa’, Rika Pristian Fitri Astuti

Abstract


Tujuan penelitian ini menjabarkan bagaimana kemampuan literasi matematika siswa kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal HOTS. Sasaran pada penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MA Islamiyah Malo tahun ajaran 2022/2023. Kemampuan literasi matematis dalam penelitian ini akan diukur melalui kemampuan siswa atau subjek dalam menjawab soal yang diberikan oleh peneliti serta dalam menjawab pertanyaan dalam soal tersebut harus dengan kemampuan siswa itu sendiri. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Data dalam penlitian ini diperoleh dari tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas XI MA Islamiyah malo Bagi level 1 sampai dengan level 3, kemampuan literasi dikatakan baik karena dari segi pemahaman soal dengan baik, siswa juga dapat memodelkan soal kedalam bentuk matematika dan siswa juga mampu mengkomunikasikan jawaban serta alasan mereka dalam menjawab dengan baik. Untuk level 4, 5 dan level 6 dikatakan kurang sekali karena pada level ini memerlukan penalaran yang tinggi dan kurangnya kemampuan bernalar dan berpikir logis.

Kata kunci:kemampuan literasi matematika, soal HOTS  


Full Text:

PDF

References


Anshari, A. M., Pasani, C. F., & Noorbaiti, R. (2023). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Level 6 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmadikta, 3(1), 56–67. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1379

Asrijanty. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108.

Baharuddin, dkk. (2018). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pendidikan. 7(1), 82-95.

Bobbi Deporter & Mike Hernacki. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Creswell, W. J. (2013), Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Drummond, M. J. (2003). Assessing Children Learning. London: David Fulton Publishers.

Genc, M. & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions ofMathematical Literacy. InternationalJournal of Education in Mathematics, Science and Technology (IJEMST). 7(3), 222–237.

Hamidah, A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia. 10(2), 157-162.

Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika PISA Konten Quantity dan Konten Change and Relationship. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 157. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.13785

Istikhoirini, E., Fitri, A., Pekalongan, U., Studi, P., & Matematika, P. (n.d.). Soal Tipe Hots Kelas Xi Smk Muhammadiyah Kajen.

Junarti, J., & Zainudin, M. (2022). Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(2), 107-124.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557

OECD. (2009).Learning Mathematics for Life: A Perspective from PISA. Paris:OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2017 Assessment and Analytical Framework. OECD Report.

Oktaviani, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Penyelesaian Soal Matematika Berbasis Cerita. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(2), 433-444.

Rachman, T. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Sman 2 Takalar Dalam Menyelesaikan Soal Pisa (Programme for International Student Assessment. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Riyatuljannah, T., & Fatonah, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Penyelesaian Soal Berorientasi Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10089

Simamora, K. A. L. G., & Tilaar, A. L. F. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Soal-Soal Matematika Tipe HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1139


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.