Systematic Literature Review (SLR) : Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review) dengan mengkaji beberapa artikel yang berhubungan dengan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika pada siswa berada pada kualifikasi rendah. Hal ini karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami maksud yang terdapat pada soal, membuat model matematis, menyelesaikan masalah matematis, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah matematika.
Kata kunci: Pemahaman konsep, pemecahan masalah
Full Text:
PDFReferences
Aini, I. N. H. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1), 576-581. https://doi.org10.31949/dm.v4i1.2010
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 575-580, http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadik
Hoiriyah, D. (2019). Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 7(1), 123-136
Iriana, N., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594–2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097
Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1846–1856. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405
Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. AKSARA:Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 465-474
Mayasari, D., & Habehan, N. L. (2021). Anlisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1). 252-261. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265
Nurfajriyanti, I. & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493
Sriwahyuni, K., & Iyam, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 10–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Unaenah, E., Rahayu, D., Ningrum, K., Maulidya, S., Aprilianti, T. A., & Tangerang, U. M. (2023). Analisis Pemahaman Konsep PAda Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Garis Bilangan. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 3(6), 1127–1134.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Yusri, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Kabupaten Solok. Jurnal LEMMA, 3(2). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1389
Zumaroh, L. S., & Haqiqi, A. K. (2022). Pengaruh Disposisi Matematis Siswa terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Tabung Kelas IX. Jurnal Tadris Matematika, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.1.111-122
Nurhidayati, A., & Mahpudin. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Discursus Multy Reprecentation Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Papanda Journal of Mathematics and Science Research (PJMSR), 2(1), 10–16.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.