Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Zulfa Fauzul Muna, Mutiara San, Arinal Hidayah, Yusuf Ardiansyah

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki berbagai strategi dan pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah SLR (Systematic Literature Review) yakni dengan mencari data dan sumber data yang berkaitan dengan materi secara online, mereduksi data dengan cara meninjau dan menganalisis literatur yang relevan dengan artikel atau jurnal yang akan digunakan nantinya, memilih artikel atau jurnal mana saja yang mendukung permasalahan yang sesuai dengan penelitian ini dan yang terakhir adalah menyimpulkan hasil analisis literatur yang telah ditemukan dalam kurung waktu 10 tahun terakhir. Peneliti mengambil 7 artikel nasional yang dibahas dalam penelitian ini, artikel tersebut diperoleh melalui Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish (PoP). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa artikel mengenai strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian ini mencakup strategi-strategi yang efektif mencakup model pembelajaran berbasis masalah dengan konflik kognitif, strategi Think-Pair-Square-Share (TPSS), strategi REACT berbantuan Geogebra, model pembelajaran inkuiri dengan konflik kognitif, strategi Think-Talk-Write (TTW), strategi PQ4R, dan strategi Mathematical Habits of Mind. Kesimpulan dari artikel ini adalah bahwa pendidik memiliki beragam pilihan strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa mereka, dengan pentingnya mempertimbangkan konteks kelas dan kebutuhan siswa secara khusus. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis merupakan langkah penting dalam membantu siswa mengembangkan pemahaman matematika yang mendalam.

 

Kata kunci: Strategi Efektif, Kemampuan Berpikir, Kritis, Matematis


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 6(4), 2527–4295. https://doi.org/10.37081/ed.v6i4.262

Arini, L., Duskri, M., & Yani, M. (2022). Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(1, April), 111-120.

Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966/1530

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2023). Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2579

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8.

Hanggara, W., Widyatiningtyas, R., & Irmawan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 123–127.

Heryandi, Y. (2018). Problem Based Learning dengan Strategi Konflik Kognitif Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. EduMa: Mathematic Education Learning and Teaching, 7(1), 93–108.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Nasrulloh, M. F., & Umardiyah, F. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write ( TTW ) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 69–76.

Nopiani, D., & Kosasih, U. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis melalui strategi PQ4R pada pokok bahasan geometri di SMK. UJMES : Uninus Journal of Mathematics Educations and Science, 01(02), 22–31.

Prihartiningsih., Zubaidah, S., & Kusairi. (2016). Kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi klasifikasi makhluk hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1, 1053-1062.

Qorimah, S. (2020). Strategi Mathematical Habits of Mind , Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis. MathEduca: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 179–191.

Sofyan, D., Sugandi, A. I., Linda, Sari, D. R., & Bernard, M. (2022). Penerapan Strategi React Berbantuan Geogebra Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1668–1677.

Sumaryanti, E., & Sumarmo, U. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 26–42.

Suyitno, H., Waluya, S. B., & Artikel, S. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. 1(1), 38–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.