Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Peluang Ditinjau dari Gender

Siti Muti’ah, Nur Rohman, Cahyo Hasanudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Terpadu pada materi peluang ditinjau dari gender. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatf deskriptif yang digunakan. Populasi subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa yaitu, 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian subjek dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan mampu menarik kesimpulan. Untuk kategori sedang mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana, namun tidak menarik kesimpulan. Untuk kategori rendah kurang mampu dalam memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melakukan rencana penyelesaian, dan menarik kesimpulan. Serta, subjek kesulitan dalam mengerjakan soal tes. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki lebih tinggi dibanding kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematis, Peluang, Gender


Full Text:

PDF

References


Kesumawati, N. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Pemecahan Masalah, dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148-161.

Nurhayati, E. (2018). Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. Pustaka Pelajar.

Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). New Jersey: Prence University Press.

Rohman, N., n.d. Dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas Vii a Smp Plus Al-Amanah Bojonegoro 1287–1294.

Rohman, N., Utami, A.D., Devi, E.A., 2020. Analisis Level Pemahaman Mahasiswa Dalam Memecahkan Maslaah Matematik Pada Pokok Bahasan Sifat Fungsi. EDUMATIC J. Pendidik. Mat. 1, 1–14.

Sukestiyarno. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES

Press.

Sukriadi & Kurniawan. (2019). Profil Penalaran Siswa SMP dalam

Pemecahan Masalah Matematika TIMSS Ditinjau dari Perbedaan

Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(1): 36-41.

Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148.

Tunnajach, N. F.<& Gunawan, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Kontekstual pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gender. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 7-14.https://doi.org/10.31002/mathlocus.v2i1.1467

Ulya, H., & Kartono, A. R. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed from Students’ Cognitive Style. Journal of Education and Practice, 2(10), 577–582.

Widodo, H. (2015). Potret Pendidikan Di Indonesia dan Kesiapannya dalam

Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). 13(2). DOI:

https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.