Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Soal Cerita Aljabar di Kelas VII SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2022/2023

Nur Khovifah Rohmatul Umah, Ali Noeruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita Aljabar di kelas VII F SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban dan untuk mengetahui faktor-faktor siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII F SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah rendah, 4 siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah sedang, dan 22 siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah tinggi.

 

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Polya, Soal Cerita Aljabar


Full Text:

PDF

References


Hermanto, D. (2014). Modul Matematika Sekolah 1. STKIP PGRI Bangkalan, 1-19.

Shadiq, Fadjar. 2014. Belajar Memecahkan Masalah Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anggraini, I., & Lestari, W. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aljabar kelas VIII. PROSIDING DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 80-87.

Erwin Sulaiman, dkk. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37-38.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ali Noerudin, dkk. (2023).Analisis Kemampun Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Tabung Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(1), 177. https//ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/3071


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.