Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Operasi Bilangan Bulat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngambon. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Ngambon dan subjek penelitian adalah 6 siswa terpilih yaitu 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian, subjek pada kategori tinggi mampu memahami dan memecahkan masalah pada soal yang diberikan, serta mengerjakan dengan teliti sesuai yang diharapkan peneliti. Subjek pada kategori sedang mampu memahami dan memecahkan masalah pada soal yang diberikan, namun kurang teliti dalam mengerjakan. Subjek pada kategori rendah kurang memahami dan belum tepat dalam memecahkan masalah pada soal yang diberikan, subjek merasa kesulitan, terburu-buru dan tidak teliti dalam mengerjakan.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Operasi bilangan bulat
Full Text:
PDFReferences
Abdur, R.A., Mohammad, T., Erik, V., Zainul, I., Ibnu, T. 2016.Matematika/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (jilid lengkap/1a). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Dedi, A.S., Mulyono., Hasratuddin. 2022. Analisis kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Berdasarkan Gaya Belajar Kolb. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 721-734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1225
Dwi, E.N., Anis, U.K., & Ari, I. 2017. Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linier Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 53-59. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm
Dwi, E.N., Puput, S., & Zaenuri. 2023. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Phytagoras Ditinjau Dari Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 217-221. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Fitrie, A. & Adiska, N.L. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Irma, P. & Wahyu, S. 2019. Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika (KAM).
Journal of Medives: Journal of Mathematics Educations IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Muhammad, S., Stien, M., & Herianto. 2011. Teori Pemecahan Masalah Polya Dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika, 3(1), 26-35.
Nopi, R., Sugiyanti., Supandi. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif & Implusif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 111-120. http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner
Puput, S., Ari, I., Dwi, E.N., & Nur, R. 2018. Media Pembelajaran Inovatif House Of Multiplication Bagi Siswa SDN Sidorejo Sebagai Upaya Hitung Cepat Perkalian. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 50-56.
Shinta, M., Nuni, N., Devina, N., Nadila, R., Amaliya, D. & Wahyu, H. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.
https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94
St.Suwarsono. 2016. Pengantar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Youwanda, L. & Jailani. 2015. Analisis Ptoses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), (148-161). http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIDIKAN FPMIPA by https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/FPMIPA/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.