Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning berbantuan Media Berita
Keywords:
Writing, News Text, Quantum LearningAbstract
abstrak—Tujuan penelitian tersebut ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dengan digunakan model Quantum Learning berbantuan media berita daring. Metode yang di gunakan adalah ptk (penelitian tindakan kelas) dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Lokasi Penelitian pada SMPN 1 Parengan siswa kelas VII. Data diperoleh melalui kegiatan mengamati dan mewawancarai dan analisis hasil tulisant teks berita siswa. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa media berita daring dengan model Quantum Learning mampu menaikan kualitas teks berita yang ditulis siswa, baik dari aspek struktur, gaya bahasa, maupun isi. Dengan demikian, model Quantum Learning berbantuan media berita daring dapat meningkatkan kemampuan teks berita.
Kata kunci— Menulis, Teks Berita, Quantum Learning
Abstract— The purpose of this study is to improve students' news writing skills through the application of the Quantum Learning model assisted by online news media. This study uses a Classroom Action Research (CAR) method, conducted in two cycles with two meetings each. The study was conducted on seventh-grade students at SMP Negeri 1 Parengan. Data were obtained through observation, interviews, and analysis of students' news text writing. The research findings indicate that the use of the Quantum Learning model with online news media can improve the quality of news texts written by students, in terms of structure, language style, and content. The improvement is evident from the increase in the average score of news writing in each learning cycle. Thus, the Quantum Learning model assisted by online news media is proven to be effective in improving students' ability to write news texts.
Keywords— Writing, News Text, Quantum Learning
References
Agusrita, A., Arief, D., Bagaskara, R. S., & Yunita, R. (2020). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 604–609. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.408.
Agustina, J. (2024). Peningkatan Hasil Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Palembang. Journal on Teacher Education, 6(1), 60 70. https://doi.org/10.31004/jote.v6i1.340511.
Arfiany, V. (2021). Pengaruh Penerapan Model Quantum Learning dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4198–4205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1535.
Dianto, W., Nisa, H. U., & Kurniawan, P. Y. (2022). Pengaruh berita online clickbait terhadap minat baca peserta didik SMKN 1 Kersana. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 376-383. https://doi.org/10.5281/zenodo.6995648.
Fiqi, AM, Lestari, AD, Badrussalam, F., & Siagian, I. (2023). Penyuntingan Kalimat Efektif dari Aspek Kehati-hatian pada Berita Tribunnews Online Tahun 2022. Jurnal Pendidikan, 5 (3), 5661-5667.
Hidaya, K. N., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Bercerita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Komik Digital. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 3(1), 37-45.
Indah Hafizhah, Ikhwan Aldi Wardana, & Dede Indra Setiabudi. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.69.
Kurniaman, O., Nasution, A. S., Antosa, Z., & Munjiatun, M. (2021). Pengaruh Strategi Pow+ C-Space Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V Di Sdn 102 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1451-1462.
Lutfiani, N., Maruti, E. S., & Budiarti, M. (2023, June). Implementasi Model Quantum Learning dengan Media Video untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Geguritan Bahasa Jawa pada siswa sekolah dasar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2, pp. 92-101).
Maskur, S. (2024). Prak s Belajar Metodologi Peneli an Bidang Psikologi Pendidikan dan lmu Pendidikan (Buku Ajar Mata Kuliah). PT. Indragiri Dot Com.
Maulidi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13-22. http://dx.doi.org/10.28944/fakta.v2i1.698.
Naschah, AF, Rahmawati, D., & Triasih, T. (2020). Kesalahan Berbahasa Pada Teks Berita Covid-19 Di Media Daring CNN Indonesia. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesi, 3 (2), 93–104. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i2.1586.
Pramesti, M. P. D., Hasanudin, C., & Sutrimah, S. (2024, August). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbatuan Media Berita Daring di SMP Negeri 1 Parengan. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 4, No. 1, pp. 125-133).
Purike, E., Baiti, A., & Azizah, N. (2022). SIKAP PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP INFORMASI PUBLIK YANG DISAMPAIKAN PEMERINTAH MELALUI MEDIA DARING DAN MEDIA SOSIAL: ATTITUDE OF SOCIAL MEDIA USERS TO PUBLIC INFORMATION SUBMITTED TO THE GOVERNMENT THROUGH ONLINE AND SOCIAL MEDIA. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Sosial, Politik dan Humaniora, 1(1), 84 94.
Riastiwi, I., & Damayanto, I. P. G. P. (2022). Tren pemberitaan sonokeling dalam portal berita daring di Indonesia. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 18(2), 276 291. https://doi.org/10.22146/bip.v18i2.4998.
SARI, J. K. (2024). PENINGKATAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 06 MENUKUNG (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).
SARIWATI, J. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas Viii E Smp Negeri 16 Pontianak (Doctoral dissertation, Ikip Pgri Pontianak).
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81. Retrieved from https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42.
Tanjung, R., & Arifudin, O. (2023). PENDAMPINGAN MENINGKATKAN KEMAMPUANMAHASISWA DALAM MENULIS JURNAL ILMIAH . Jurnal Karya Inov asi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52. Retrieved from http://ojssteialamar.org/index.php/JKIPM/article/view/61.
Ulfawati, E., Sari, DP, & Karolina, A. (2024). Model Pembelajaran PAI Berbasis Neurosains: Quantum Learning. Jurnal Penelitian Multidisipliner Inovasi Indonesia 2 (2), 132–138. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i2.106.
Vadinda, F. Z. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN P2RE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).