Analisis Penokohan dan Nilai Pendidikan Novel Rumah untuk Alie Karya Lenn Liu
Abstract
abstrak— Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan aspek penokohan serta nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Rumah untuk Alie karya Lenn Liu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penokohan serta nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Rumah untuk Alie karya Lenn Liu. Penokohan dalam sebuah karya sastra merupakan unsur penting yang membentuk alur dan pesan cerita, sedangkan nilai pendidikan memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter pembaca, khususnya remaja..Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Data diperoleh dari kutipan-kutipan dalam novel yang menggambarkan karakter tokoh serta nilai-nilai pendidikan, baik moral, sosial, maupun religius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama, Alie, digambarkan sebagai sosok yang gigih, sensitif, dan mandiri. Selain itu, tokoh-tokoh pendukung juga memiliki karakter yang beragam dan turut memperkaya dinamika cerita. Nilai-nilai pendidikan yang ditemukan dalam novel ini antara lain nilai tanggung jawab, kerja keras, kasih sayang keluarga, toleransi, dan semangat pantang menyerah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Rumah untuk Alie tidak hanya menarik dari segi alur dan penokohan, tetapi juga sarat dengan pesan-pesan pendidikan yang relevan dengan kehidupan remaja masa kini, sehingga layak dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran sastra di sekolah.
Kata kunci— Penokohan,Nilai Pendidikan, Novel
Abstract— The objective of this study is to explore and describe the characterization and educational values contained in the novel Rumah untuk Alie by Lenn Liu. Characterization in literary works is a crucial element that shapes the plot and conveys the story’s message, while educational values contribute to character development in readers, especially adolescents. This research employs a descriptive qualitative approach using content analysis as the primary method. Data were obtained from excerpts in the novel that depict character traits and educational values, including moral, social, and religious aspects. The findings reveal that the main character, Alie, is portrayed as a determined, sensitive, and independent individual. In addition, the supporting characters display diverse personalities that enrich the narrative. The educational values identified in the novel include responsibility, hard work, family affection, tolerance, and perseverance. The study concludes that Rumah untuk Alie is not only compelling in terms of its plot and character development, but it is also rich in educational messages that are highly relevant to the lives of today’s youth, making it a suitable literary resource for educational purposes in schools.
Keywords— Characterization, Educational values, Novel
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akillah, A. Y. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Anak Kupetik. Bintang Karya Rizky Nur Fajri: Kajian Sosiologi Sastra. sarasvati, 6(1), 33-47. http://dx.doi.org/10.30742/sv.v6i1.3564.
Amelia, Y., & Kulsum, U. (2024). Analisis kajian intertekstual pada novel Dibawah lindungan ka’bah karya hamka dan siti nurbaya Karya marah rusli. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 13(3), 625-635.
Anshari, A., & Juanda, J. (2024). Kajian Sosiologi Sastra Novel Karya Mahfud Ikhwan dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 680-690.
Arieska Rahma, W., Pramujiono, A., & Indayani. (2024). Nilai Moral dan Pendidikan dalam Novel Tanah Para Bandit karya Tere Liye. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 131–143. https://doi.org/10.32528/bb.v9i1.2195.
Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 2(1), 1-6.
Basroh, M. A. (2021). Nilai Pendidikan Dalam Alam Acara Tunjuk Aja Pada Pesta Pernikahan Di Wilayah Adat 60 Segalo Batin. Pelitra, 4(2), 1-9. Retrieved from https://jurnal.rumahbahasa.com/index.php/pelitra/article/view/39.
Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman, A. (2018). Nilai-nilai pendidikan dalam novel mamak karya Nelson Alwi. Puitika, 14(1), 1-13. http://dx.doi.org/10.25077/puitika.14.1.1--13.2018.
Felta, F. (2021, June 2). PROSA (SUATU PENGANTAR). https://doi.org/10.31219/osf.io/2kuwj.
Fransisca, M., Suryani, I., Akbar, O., & Saputra, A. B. (2024). Tokoh dan Penokohan dalam Naskah Drama Panembahan Reso dan Pengejaran. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 10-19. https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2478.
Harun, A., Triyadi, S., & Muhtarom, I. (2022). Analisis Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Ancika Karya Pidi Baiq (Tinjauan Sosiologi Sastra). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 466-474. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1778.
Hiranti, N. P., Nurhasanah, E., Nurhasanah, E., & Pratiwi, W. D. (2023). Analisis Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Manusia Dan Badainya Karya Syahid Muhamad Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 335–349. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2176.
Indana Zulfa Rommadonia. (2024). Makna Gramatikal Pada Novel Cinta Dua Kodi Karya Asma Nadia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i2.431.
Jadmiko, D. P. Y. (2020). Analisis Penokohan Dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Kami Bukan Sarjana Kertas Karya Js Khairen Serta Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Jurnal Pendidikan Edutama.
Kasiru, M. T. B., & Bagtayan, Z. A. (2024). Analisis novel''puzzle mimpi" Karya anna farida: kajian sosiologi sastra. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 14(2), 158-165. https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i2.23454.
Lafamane, F. (2020, July 29). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama). https://doi.org/10.31219/osf.io/bp6eh.
Moibia, P., Latif, R., & Jafar, J. (2024). Analisis Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Kidung di Tepian Jakarta Karya Manunggal K. Wardaya: Tinjauan Psikologi Sastra. Aroki: Urnal Ahasa, Astra, An ENGAJARANNYA, 1(2), 64-76. Retrieved from https://journal.unpacti.ac.id/index.php/maroki/article/view/1485.
Muhamad, H. N., Saddhono, K., & Sulaksono, D. (2023). Nilai Pendidikan dalam Antolog Geguritan Piweling Karya Devika Herfianingtyas. Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 7(1), 71-84. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v7i1.64436.
Mutfainah, E. I., Hasanudin, C., & Hawa, M. (2022, July). Analisis Penokohan dan Nilai Pendidikan dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia serta sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 1117-1130).
Nafisa, N. N., Kanzunnudin, M., & Roysa, M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburrahman El Shirazy. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 111-124. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v2i2.3705.
Ntelu, N., & Bagtayan, Z. A. (2024). Analisis antropologi sastra dalam Novel 5 menara karya ahmad faudi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 14(1), 86-96. https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i1.23474.
Pratiwi, H., Meirizky, A. R., & Solihat, I. (2022). Analisis tokoh dan penokohan novel konspirasi alam semesta karya fiersa besari. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 61-70.
Puspitasari, M., Udin, S., & Sholehhudin, M. (2024, July). Analisis Penokohan pada Tokoh Nadzira Shafa dan Nilai Moral dalam Film 172 Days Karya Hadrah Daeng Ratu. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 4, No. 1, pp. 767-775).
Radmila, K. D. (2018, November 9). Hakikat Prosa & Unsur-unsur Fiksi. https://doi.org/10.31227/osf.io/5wt9f.
Rowiyah, H., Hamdani, A., & Loekman, A. (2024). Analisis Psikologi Sastra Pada Novel Dawuk Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu Karya Mahfud. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 13(3), 576-583.
Setyaningrum, S. D., & Dewi, D. W. C. (2024). Tokoh dan penokohan dalam Novel “teluk alaska” oleh eka aryani. Jurnal Dealektik, 6.
SUSIATIK, Titik; SUKOCO, Sukoco. Penanaman Nilai-Nilai Akhlakul Karimah. Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 16 - 25, nov. 2022. ISSN 2721-4710. Available at: . Date accessed: 23 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i1.2287.
Wicaksono, F. A., Yunus, S., & Yulianto, E. (2022). Aspek Protagonis Dan Antagonis Dalam Novel Kroco Karya Putu Wijaya Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Alegori: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 88-104. https://doi.org/10.30998/.v2i01.6608.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.