Pandangan Guru dan Siswa terhadap Penerapan ModeL Power Reading

M Nurul Yakin, Cahyo Hasanudin, Sutrimah Sutrimah

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pandangan guru dan siswa terhadap penerapan model Power Reading dalam pembelajaran membaca cepat di SMP Plus Al Hadi Banjararum. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, observasi, dokumentasi, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pandangan positif terhadap model ini karena mampu meningkatkan fokus dan kecepatan membaca siswa. Sementara itu, siswa merespons dengan antusias meskipun beberapa di antaranya mengalami kesulitan dalam menyesuaikan kecepatan membaca dengan pemahaman. Peningkatan hasil posttest menunjukkan efektivitas penerapan model ini dalam pembelajaran. Dengan demikian, model Power Reading dapat dijadikan alternatif strategis dalam meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa jika didukung oleh pelatihan guru dan strategi pembelajaran yang tepat.

Kata Kunci Pembelajaran model power reading, pandangan guru, pandangan siswa.

 

Abstract—This study aims to describe teachers’ and students’ perceptions of the implementation of the Power Reading model in speed reading instruction at SMP Plus Al Hadi Banjararum. The study employed a qualitative approach with a case study design. Data were collected through interviews, classroom observations, documentation, and pretests and posttests. The findings indicate that teachers view the model positively, as it improves students’ focus and reading speed. Students responded enthusiastically, although some initially struggled to balance speed with comprehension. Posttest results showed a notable improvement, confirming the model’s effectiveness. Therefore, Power Reading can serve as a strategic alternative to enhance students’ speed reading skills, provided that it is supported by teacher training and appropriate instructional strategies.

Keywords— Power reading model learning, teacher's view, student's view.


Keywords


Power reading model learning, teacher's view, student's view.

Full Text:

PDF

References


Fitriana, Y. (2020). Strategi efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca. Yogyakarta:Deepublish.

Hamzah. (2017). Keberhasilan metode pembelajaran dan peran guru. Jakarta: EduPress.

Lestari, R. (2022). Adaptasi siswa terhadap teknik membaca cepat. Surabaya: Litera Media.

Nurhadi. (2016). Strategi membaca efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, A. (2021). Motivasi siswa dalam membaca. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, D. (2018). Efektivitas model pembelajaran membaca cepat. Malang: Graha Ilmu.

Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, A. (2021). Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran bahasa. Malang: Media Akademi.

Suryani, E. (2020). Kendala guru dalam penerapan metode pembelajaran baru. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.