Analisis Gaya Bahasa Puisi Karya Siswa Kelas IV SDN Ngumpakdalem I
Abstract
abstrak—Gaya bahasa merupakan suatu unsur terpenting dalam puisi yang berfungsi memberikan keindahan dan memperkuat makna karya sastra. Setiap gaya bahasa pada puisi mengandung makna khas, sehingga gaya bahasa dikatakan sebagai nyawa dari sebuah puisi. Tujuan penelitian ini untuk pendeskripsian wujud dan makna gaya bahasa puisi karya siswa kelas IV SDN Ngumpakdalem I. Menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Data diperoleh melalui dokumentasi puisi siswa, kemudian dianalisis berdasarkan pendekatan stilistik, semiotik, dan pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan beragam gaya bahasa, seperti metafora, simile, personifikasi, hiperbola, repetisi, dan paralelisme. Wujud gaya bahasa tersebut mencerminkan kreativitas siswa dalam mengekspresikan gagasan dan perasaan. Adapun makna yang terkandung di dalamnya menggambarkan nilai-nilai seperti rasa syukur, kasih sayang, semangat, dan kepedulian terhadap lingkungan. Gaya bahasa dalam puisi siswa tidak hanya memperindah bentuk puisi, tetapi juga memperkuat pesan dan emosi yang disampaikan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami dan mengapresiasi gaya bahasa puisi di tingkat sekolah dasar, terutama bagi siswa kelas IV SDN Ngumpakdalem I.
Kata kunci— gaya bahasa, puisi, karya siswa
Abstract— Language style is one of the most essential elements in poetry, serving to enhance its beauty and reinforce the meaning of literary works. Each figure of speech in a poem carries a unique meaning, making language style the very soul of poetry. The purpose of this study is to describe the forms and meanings of language style in poems written by fourth-grade students at SDN Ngumpakdalem I. This research employs a qualitative descriptive method using content analysis techniques. Data were collected through documentation of students’ poems and analyzed using stylistic, semiotic, and pragmatic approaches. The results show that students use a variety of language styles, such as metaphor, simile, personification, hyperbole, repetition, and parallelism. These stylistic expressions reflect the students’ creativity in expressing ideas and emotions. The meanings conveyed include values such as gratitude, affection, enthusiasm, and environmental awareness. The use of language style in students’ poetry not only enhances the aesthetic form of the poems but also strengthens the messages and emotions conveyed. This study contributes to Indonesian language education, particularly in understanding and appreciating the stylistic features of poetry at the elementary school level, especially for fourth-grade students at SDN Ngumpakdalem I.
Keywords— language style, poetry, students’ work
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin, A. (2020). Semantik: Pengantar studi tentang makna. Malang: Sinar Baru Nusa.
Astuti, D. R. (2022). Analisis puisi karya siswa SMA Negeri Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Darmayanti, F. (2020). Analisis majas dalam puisi karya siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 54–67. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Elot, T. S. (2020). Kumpulan puisi karya Chairil Anwar. Jakarta: Publisher.
Fitria Wulan, S., Prastiwi, W. H. C., & others. (2023). Analisis gaya bahasa pada Kumpulan Puisi Arkeologi Asmara karya Deddy Arsya dan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 121–127. https://ikippgribojonegoroseminarnasional.
Johanes, S. N., Munawaroh, S., & Asror, A. G. (2024). Analisis makna denotasi dan konotasi pada lirik lagu “Kupu-Kupu” karya Laleilmanino. Prosiding Seminar Nasional Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset IKIP PGRI Bojonegoro, 1212–1217. https://ikippgribojonegoroseminarnasional.
Mardiyah, R. (2022). Pengajaran gaya bahasa. Bandung: Angkasa.
Nasution, A. H., Aldzakhiroh, N., Nopriansyah, B., & Hasan, N. (2024). Analisis makna denotatif dan konotatif pada lirik lagu “Dialog Hati” karya Nadzira Shafa. Jurnal Metamorfosa, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.46244/metamorfos.
Pratama, A. (2020). Teori belajar bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rizaldi, S. (2020). Analisis gaya bahasa kiasan dalam berita industri pada media digital Republika dan Media Indonesia. Jurnal BASIS UPG, 5(1), 80–92. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Rumanti, N. (2021). Analisis gaya bahasa kumpulan puisi Sagra karya Oka Rusmini dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Setiowati, I., Rijal, S., & Purwanti, P. (2022). Penamaan pada nama unik makanan di Kota Samarinda: Kajian semantik. Ilmu Budaya, 6(2), 705–718. https://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i3.5788.
Siahaan, M. (2020). Jenis dan fungsi gaya bahasa dalam pemaknaan kumpulan puisi Kembalinya Tarian Sang Waktu. Stalistik, 3(2). https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Syah, N. (2021). Buku induk Bahasa Indonesia: Pantun, puisi, pribahasa, gurindam, dan majas. Yogyakarta: Araska.
Waluy, R. (2021). Buku induk Bahasa Indonesia: Pantun, puisi, pribahasa, gurindam, dan majas. Yogyakarta: Araska.
Widia, M. (2022). Analisis majas personifikasi dalam karya siswa SMK Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa, 1(5), 45–49. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Wulandari, L. (2022). Analisis puisi karya siswa SMA Negeri Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Wulandari, Y. D. (2021). Analisis gaya bahasa kiasan dalam berita industri pada media digital Republika dan Media Indonesia. Jurnal BASIS UPG, 5(1), 8. https://doi.org/10.19184/kdma.v10i3.17405.
Zulfahnur, Z., et al. (2020). Teori sastra. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.