Kajian Sosiologi Sastra dalam Novel “Rumah Tanpa Cahaya” Karya Regita Lenn-Liu dan Hubungan Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA
Keywords:
Sociology of literature, Novel, High school Indonesian language learning.Abstract
abstrak— Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah novel “Rumah Tanpa Cahaya” karya Regita Lenn-Liu. Objek dalam penelitian ini adalah tentang kritik sosial tokoh cerita dengan pengarang dalam novel “Rumah Tanpa Cahaya”. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara simak, baca, catat. Proses penulisan penelitian ini kemudian menunjukkan dan menyoroti permasalahan yang mendorong untuk menganalisis penelitian ini. Data yang sudah dikumpulkan diolah secara induktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kritik sosial pada pengarang yang mengkritik tentang struktur sosial yang tidak adil, trauma, terutama dalam konteks keluarga dan masyarakat.
Kata kunci—Sosiologi sastra, Novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA.
Abstract— This research is a type of qualitative research. The subject of this study is the novel "Rumah Tanpa Cahaya" by Regita Lenn-Liu. The object of this study is about the social criticism of the story characters with the author in the novel "Rumah Tanpa Cahaya". In this study, data collection techniques were used by observing, reading, and taking notes. The process of writing this research then shows and highlights the problems that encourage the analysis of this research. The data that has been collected is processed inductively through data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that there is social criticism in the author who criticizes unfair social structures, trauma, especially in the context of family and society.
Keywords— Sociology of literature, Novel, High school Indonesian language learning.