Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan Model PBL (Problem Based Learning) Berbantu Aplikasi Canva pada Siswa Kelas VII A SMPN 5 Blora Tahun Pelajaran 2024/2025
Abstract
Saat ini, penguasaan bahasa Indonesia dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan. Masyarakat sering menganggap bahasa Indonesia sebagai bahasa yang sangat sederhana. Berbicara, membaca, menulis, dan mendengarkan merupakan empat kemampuan bahasa yang penting. Menulis merupakan salah satu dari bakat-bakat tersebut. Menulis berfungsi sebagai media bagi penulis untuk mengartikulasikan emosi mereka. Di sekolah menengah pertama, menulis meningkatkan kreativitas dan mengartikulasikan ide-ide siswa. “Meskipun demikian, penting untuk mempertimbangkan model pembelajaran dan minat siswa dalam keterlibatan mereka dengan proses pendidikan. Jika model pembelajaran yang digunakan tidak tepat atau kurang optimal, motivasi siswa dalam belajar niscaya akan berkurang, yang mengakibatkan kurangnya keterlibatan dan partisipasi dalam proses pendidikan. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis berita siswa kelas tujuh di SMPN 5 Blora. Penelitian ini bermaksud untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut melalui penggunaan metodologi pembelajaran berbasis masalah yang difasilitasi oleh Canva. Studi tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan dua sesi setiap siklus. Tahap-tahap yang akan dilaksanakan meliputi persiapan, tindakan, observasi, dan refleksi. Periode penelitian dilaksanakan pada bulan November 2024 sampai dengan bulan Juli 2025. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas VII A SMPN 5 Blora. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIIA SMPN 5 Blora dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita melalui penggunaan program Canva. Pada Siklus I, nilai rata-rata sebesar 60,84 dengan persentase ketuntasan sebesar 36% dari 25 siswa. Pada Siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 77,84 dengan persentase ketuntasan sebesar 100% dari 25 siswa. Dengan demikian, nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 64% dari siklus I ke siklus II.
Kata kunci—model problem based learning, aplikasi canva, menulis teks berita
Abstract—Currently, the acquisition of the Indonesian language is deemed superfluous. Individuals often see Indonesian as very simple. Speaking, reading, writing, and listening are four essential language abilities. Writing is one of these talents. Writing serves as a medium for authors to articulate their emotions. In junior high school, writing enhances creativity and articulates pupils' ideas. Nonetheless, it is essential to consider the learning model and the interests of students in their engagement with the educational process. If the learning model used is inappropriate or suboptimal, students' motivation in learning will undoubtedly diminish, resulting in less engagement and participation in the educational process. This project aimed to enhance the news writing skills of seventh-grade students at SMPN 5 Blora. This research intends to accomplish these objectives via the use of a problem-based learning methodology facilitated by Canva. This classroom action study was executed in two cycles, with two sessions each cycle. The phases to be executed include preparation, action, observation, and reflection. The study period was conducted from November 2024 to July 2025. This research included 25 pupils from class VII A of SMPN 5 Blora. Researchers gathered data via interviews, observations, documentation, and assessments. The study's findings indicated that students in class VIIA SMPN 5 Blora may enhance their proficiency in composing news texts via the use of the Canva program. In Cycle I, the average score was 60.84, accompanied by a completion percentage of 36% among 25 students. In Cycle II, the average score rose to 77.84, with a completion percentage of 100% among 25 students. Consequently, the average score saw a 64% rise from cycle I to cycle II.
Keywords— Problem Based Learning model, canva application, writing news text
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah N., Kurniaman O., & Noviana E., (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekola Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan 1 (1) 33-42. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24.
Afriyanti A.A., (2024). Pengembangan Materi Ajar Teks Berita Berbantuan Aplikasi Capcut Kelas VII SMP Swasta Al Musabbihin. Simpati, 2(4), 08–15. DOI: https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.915.
Agri Y.G., (2024). Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Pembelajaran Menulis Teks Berita Kelas VII A SMPN 4 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi. Retrived From: https://repository.unja.ac.id/.
Djonomiarjo T., (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma 5(1) 39-46. DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019.
Handayani A., Koeswanti H.D., (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5 (3) 1349–1355. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924.
Ilham, M., & Wijiati, I.A. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. Lembaga Academic & Research Institute. Retrived From https://books.google.com/books/about/KETERAMPILAN_BERBICARA.html?hl=id&id=WUTZDwAAQBAJ.
Islamiyah., Chabsarotul S., Mardliyah., Andriyati A., Hermawan., & Wawan., (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Abad 21 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Puisi Rakyat Kelas VII DI SMP Negeri 2 Puri (Studi Kasus). Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto. Retrived From http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5094.
Johan E.PE., Rustam R., & Sinaga A., (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster DI SMP Nasional Sariputra Jambi. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 11 (2) 137-149. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6644.
Pratiwi E.T., Setyaningtyas E.W., (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu 4 (2) 379–388. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362.
Supriadi S., Sani A., Setiawan I.P., (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. YUME: Journal of Management 3(3) 84-93. DOI: https://doi.org/10.37531/yum.v3i3.828.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.