Eksplorasi Budaya Sekolah dan Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SMK Negeri Dander Kabupaten Bojongoro
Keywords:
School Culture, Implementation of the P5 Project, Independent Curriculum, Pancasila Student ProfileAbstract
Studi ini menyelidiki bagaimana budaya sekolah berhubungan dengan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SMK Negeri Dander, Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan eksploratif, yang melibatkan pengumpulan dokumen, wawancara mendalam, dan observasi. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah yang mencakup disiplin, kerja sama, kemandirian, dan partisipasi aktif menjadi salah satu dasar penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Pelaksanaan kegiatan P5 berjalan dengan baik berkat budaya sekolah yang sudah terinternalisasi dengan baik, dan juga mencerminkan nilai-nilai Pancasila melalui berbagai proyek tematik seperti kewirausahaan, gaya hidup berkelanjutan, dan keragaman global. Budaya sekolah terbukti bukan hanya sebagai latar belakang pelaksanaan P5 tetapi juga berfungsi sebagai pendorong utama dalam keberhasilan program tersebut. Penelitian ini menegaskan pentingnya menguatkan budaya sekolah sebagai langkah strategi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang menyeluruh dan transformasional.
Kata kunci— Budaya Sekolah, Pelaksanaan Projek P5, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila
Abstract— This study investigates how school culture relates to the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in the Independent Curriculum at SMK Negeri Dander, Bojonegoro Regency. This study uses a qualitative approach with an exploratory approach, involving document collection, in-depth interviews, and observations. The findings of the study indicate that school culture that includes discipline, cooperation, independence, and active participation is one of the important foundations in creating a conducive learning atmosphere. The implementation of P5 activities went well thanks to the school culture that had been well internalized, and also reflected the values of Pancasila through various thematic projects such as entrepreneurship, sustainable lifestyle, and global diversity. School culture was proven not only as a background for the implementation of P5 but also as a major driver in the success of the program. This study emphasizes the importance of strengthening school culture as a strategic step in implementing a comprehensive and transformational Independent Curriculum.
Keywords— School Culture, Implementation of the P5 Project, Independent Curriculum, Pancasila Student Profile
References
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555.
Amrullah, J. D. R., Prasetya, F. B., Rahma, A. S., Setyorini, A. D., Salsabila, A. N., & Nuraisyah, V. (2024). Efektivitas Peran Kurikulum Merdeka terhadap Tantangan Revolusi Industri 4.0 bagi Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1313-1328. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.754.
Anggraeni, M., & Susanti, A. D. (2024). Eksplorasi Kultur Sekolah dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Akuntansi pada salah satu SMK di Karanganyar. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan, 2(1), 17-17. https://doi.org/10.47134/jampk.v2i1.452.
Anto, RP, Nur, N., Yusriani, Y., Ardah, FK, Ayu, JD, Nurmahdi, A., ... & Putra, MFP (2024). Metode penelitian kualitatif: Teori dan penerapannya. Penerbit Tahta Media.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.
Dasiri, D., Melia, Y., & Erningsih, E. (2023). Persiapan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2573-2578. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1667.
Dwiyani, N. A., Suprijono, A., & Wisnu, W. (2023). Studi eksplorasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Menengah Pertama Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jurnal Artefak, 10(2), 159-170.
Hawa, M., Udin, S., & Saputra, M. A. (2021). Analisis Kebutuhan Model Task-Based untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Fonetik. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 287-298. https://doi.org/10.32528/bb.v6i2.5914.
Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar melalui budaya sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163-174.
Muthoharoh, M., & Faelasuf, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SDN 007 Sangkulirang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(7), 69-74. https://doi.org/10.56799/jim.v3i7.3760.
Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., ... & Lestari, I. D. (2022). Analisis kegiatan p5 di sma negeri 4 kota tangerang sebagai penerapan pembelajaran terdiferensiasi pada kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185-191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.
Siregar, I., Mukhtar, M., Anwar, K., Mahmud, M. Y., & Munte, R. S. (2024). Isu-Isu Global Pengembangan Kurikulum Merdeka Dan Pemagangan Life Skill World Class Education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12887-12895. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34247.
Supriyanto, S. Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil (P5) Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Ulfaida, N., Arrosyid, M. A. K., Khoiriyah, F. U., Putri, R. A., Sholehhudin, M., & Setiyono, J. (2023, November). Analisis Kelayakan Isi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 946-951).
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.