Tindak Tutur Ilokusi dalam Percakapan Antara Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Himuba Balen Sobontoro

Ervita Nuswantari, Abdul Ghoni Asror, Oktha Ika Rahmawati

Abstract


AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan (1) tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam dialog antara guru dan siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMK Himuba Balen Sobontoro; dan (2) maksud yang mendasari yang terdapat dalam wacana antara guru dan siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan prosedur mendengarkan, merekam, dan mencatat. Prosedur analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan metodologis. Hasil penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: (1) Guru dan siswa menggunakan tindak tutur ilokusi dalam proses guruan; (2) tujuan yang melekat dalam wacana guru dan siswa meliputi: memerintah, melaporkan, meminta, menghibur, dan menyimpulkan. Dengan demikian, dialog antara guru dan siswa menggunakan tindak tutur ilokusi dalam kurikulum bahasa Indonesia di kelas X di SMK Himuba Balen Sobontoro.

Kata kunciPragmatik, Percakapan, Pembelajaran, Tindak Tutur

 

 

AbstractThis study seeks to elucidate and delineate (1) the illocutionary speech acts employed in the dialogue between educators and learners in the Indonesian language course in class X of SMK Himuba Balen Sobontoro; and (2) the underlying intentions present in the discourse between educators and learners in the Indonesian language course.  This study employs a qualitative research methodology. Data gathering is conducted by listening, recording, and note-taking procedures.  The analytical procedure is executed using the methodological approach.  The findings of this research may be summarized as follows:  (1) Educators and learners use illocutionary speech actions in the educational process; (2) the goals inherent in the discourse of educators and learners encompass: commanding, reporting, requesting, entertaining, and concluding.  Consequently, the dialogue between educators and learners employs illocutionary speech actions within the Indonesian language curriculum in class X at SMK Himuba Balen Sobontoro.

KeywordPragmatics, Conversation, Learning, Speech Act


Keywords


Pragmatics, Conversation, Learning, Speech Act

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2019). Pragmatik; Konsep Dasar Memahami Konteks Tuturan.

Abitria Fatma Ningdyas, Leni Novita Sari, Miftahul Janah, Nafisatul Khoiriyah, & Asep Purwo Yudi Utomo. (2023). Tindak Tutur Lokusi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII dalam Blog Ruangguru. Imajeri: Jurnal Guruan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 162–173. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i2.10406

Afrizal. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Press.

Amal, D. Y., Aliyah, M., Sampit, N., Arsyad, J. H. M., Mentawa, N., & Hulu, B. (2022). Tindak Tutur Direktif Di Madrasah Aliyah Negeri Sampit ( Directives Speech Acts In Madrasah Aliyah Sampit Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 12(1), 94–110. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jbsp.v12i1.13048.

Amalia, Gisella Orlanova Ramadhanti, Aulia Rahayu, Muhamad Taufiq Hamdani, Iyas Rahmawati, Asep Purwo Yudi Utomo, & Rossi Galih Kesuma. (2024). Analisis Tindak Tutur Lokusi pada Daftar Putar Kisah Tokoh Inspiratif dalam Kanal Youtube Zenius. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Guruan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 236–260. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i1.304

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi Pedagang dan Pembeli di Pasar Sekip Ujung, Palembang. BIDAR: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 10(1), 73– 87. https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/bidar/article/view/3069

Anshory, I., Deviana, T., Maharani, ), & Kumalasani, P. (2018). Analisis Layanan Instruksional Guru Sekolah Dasar (Sd). Maret, 2(1), 1–9.

Aribuma, A., Amalina, A. I., Listiani, E., Maulana, S., Purwo, A., Utomo, Y., Galih Kesuma, R., & Astuti, T. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Berita pada Artikel Kompas Edisi Februari 2024 sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis. Jurnal BahasaDan Guruan, 4(4), 113–133. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i4.1727

Ariyaningsih, S., Andrianto, A. A., Kusuma, A. S., & Prastyanti, R. A. (2023). Korelasi Kejahatan Siber dengan Percepatan Digitalisasi di Indonesia. Justisia: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.56457/jjih.v1i1.38.

Artati, A., Wardhana, D. E. C., & Basuki, R. (2020). Tindak Tutur Ilokusi Asertif, Direktif, Ekspresif, Komisif, dan Deklaratif pada Program Gelar Wicara Mata Najwa. Jurnal Diksa : Guruan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 43–57. DOI: 10.33369/diksa.v6i1.9687.

Darma, S., Sahri, G., Hasibuan, A., Wirta, I. W., Silitonga, I. D. B., Sianipar, V. M. B., Khoiriah, M., Rayhaniah, S. A., Purba, N. A., Supriadi, Jinan, A., & Jinan, A. (2022). Pengantar Teori Semiotika. Cv. Media Sains Indonesia, 23(4), 1–10.

F.Najiyah., R. A. Mutiara., R. D. Lestari, Peristiwa tutur berdasarkan aspek speaking dalam tayangan katakana putus, Parole Jurnal Guruan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 2,no.4,pp.507514,2019,[online].Available:https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2862/pdf

Fateqah, B. A., & Nuswardhani, S. K. (2024). Teori dan Praktik Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.

Finda Rosita Dewi, Alifya Aenatul Nabila, Firli Safinah Az-zahroh, Anna Murdiyanti, Asep Purwo Yudi Utomo, Zuhrul Anam, and Rossi Galih Kesuma. (2024a). Analisis Tindak Tutur Lokusi Pada Unggahan Video Self Improvement Dalam Akun Instagram Hawaariyyun. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Guruan , 2(2), 01–18.

Haryani, F., & Utomo, A. P. Y. (2020). Tindak Tutur Perlokusi Dalam Dialog Film the Teacher’S Diary Dengan Subtitle Bahasa Indonesia. Jurnal Skripta, 6(2), 16–27. Doi: https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.703

Ibnu Yantoni, O. M., Salsabila, A., Laili Maulida, T., Faradita Mutia Kharismanti, M., Fierly Yunghuhniana, O., Purwo Yudi Utomo, A., Studi Guruan Bahasa dan Sastra Indonesia, P., & Bahasa dan Seni, F. (2023). Analisis tindak tutur ilokusi dalam drama monolog tentang.

Inderasari & Achsan, L. (2019). Bahasa sarkasme netizen dalam komentar akun instagram LAMBE TURAH Elen. Semantik, 8, 1–49.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kurniawati, N., Fathurrohman, I., & Roysa, M. (2022). Analisis Semiotika Budaya Jawa Tengah pada Film Mangkujiwo Karya Azhar Kinoi Lubis. Buletin Ilmiah Guruan, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.217.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829.

Martin, S. F. (2020). Les actes de langage en français. La demande dans les méthodes de Français Langue Étrangère.

Maswandi, E., Zulkiflee, Z., & Asnola, W. (2022). Analisis Peristiwa Tutur Model Speaking Hymes (1972) Dalam Sidang Media Covid-19 Negara Brunei Darussalam. Jurnal Pengajian Melayu, 33(1), 39–54.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102.

Novianti Dita Sari. Et al. 2022. Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Kisah untuk Geri Karya Monty Tiwa. Jurnal : Guruan Tambusai. e-ISSN : 2614-3097 Vol. 6 No. 1, hal 1992.

Nugraha, A. A. (2017). Jenis Tindak Tutur dan Implikatur Percakapan dalam Iklan Layanan Masyarakat BKKBN Pada Media Elektronik Periode Tahun 2010-2016.

Oktapiantama, H., Al-Fahad, M. F., & Utomo, A. P. Y. (2023). Tindak Tutur Direktif dalam Konten Horor di Kanal Youtube Sara Wijayanto: Diary Mistery Sara (Dms). Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 498–515. https://doi.org/10.31943/bi.v8i2.446.

Prasetiyo, D. D. (2018). Tindak Tutur Langsung dan Tak Langsung dalam Naskah Drama Asmarangkara Karya Trias Kurniawan. 1–13.

Prayoga, A., Salsabila Virdos, N., Rahmawati, N., Anindhita, Y., Hanan, M. J., Purwo, A., & Utomo, Y. (2021). Analysis of Expressive Speech Acts Educational Video Waste Management on the Youtube Channel of DITJEN PSLB3 KLHK Analisis Tindak Tutur Ekspresif Video Edukasi Kelola Sampah pada Saluran Youtube DITJEN PSLB3 KLHK. In Jurnal Kopula | (Vol. 3).

Puspitasari, Elvienchi Multya Dewi, Ain Nina Nur Fahonah, Vivin Widya Sari, Aprilia Maharani, Asep Purwo Yudi Utomo, & Rossi Galih Kesuma. (2024). Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Daftar Putar Ruang BK pada Channel YouTube Cerdas Berkarakter Kemendikbud RI. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(1), 24– 44. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.246.

Rahayu, Laras Safitri, Asifah Salsadila, Muhammad Thoriq Akbar, Rindiati Amellia Fatikha, Wahyu Hari Winarno, & Asep Purwo Yudi Utomo. (2024). Analisis Tindak Tutur Lokusi dalam Video Kompilasi Cerita Rakyat 3in1 dari Betawi pada Channel Youtube Dongeng Kita. BLAZE : Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Guruan Linguistik dan Pengembangan, 2(1), 01–25. https://doi.org/10.59841/blaze.v2i1.716.

Rani, Abdul. (2004). Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media.

Rowe, L. W. (2019). Constructing Language Ideologies in a Multilingual, Second-Grade Classroom: A Case Study of Two Emergent Bilingual Students’ Language-Use during EBook Composing. Linguistics and Education, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.linged.2019.05.007.

Safitri, R. D., Mulyani, M., & Farikah. (2021). Teori Tindak Tutur dalam Studi Pragmatik. KABASTRA: Kajian Bahasa dan Sastra, 1(1), 59–67. https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.7.

Salma, S. (2022). Tindak Tutur Asertif dalam Indonesia Lawyers Club (ILC). Nuances of Indonesian Language, 2(2), 91–99. DOI: 10.51817/nila.v2i2.113.

Sari, I. A., Setyowati, S. A., Kusuma, M. T., Adi Buono, S., & Purwo Yudi Utomo, A. (2023). Tindak Tutur Lokusi di Kanal YouTube Arisa Nur Aini. Hortatori : Jurnal Guruan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 79–94. https://journal.unindra.ac.id/index.php/hortatori/index.

Sarita Antonia Goenawan, Proses Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Di Elyon International Christian School Dengan Menggunakan Second Language , (Surabaya), Jurnal E¬‐Komunikasi vol 2. No.3 Tahun 2014. hlm. 2.

Setiani, Tias, and Memet Sudaryanto. Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, dan Perlokusi dalam Film Gundala Karya Joko Anwar. Prosiding Seminar Nasional Kolaborasi Akademik Dosen-Mahasiswa. Vol. 2. No. 1. 2024.

Sihombing, C. I. G. (2024). Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Interaksi Penjual Pembeli Live TikTok Kajian (Pragmatik Searle). DinamikaPembelajaran: Jurnal Guruan dan bahasa,1(3), 321-328.

Sudaryati, Sri. 2018. Variasi Keformalan Dalam Wacana Kelas Mahasiswa Angkatan 2016 Kelas A Program Studi Guruan Bahasa Indonesia Universitas Tadulako. Jurnal. Vol. 3 No. 5.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sumarlan, P. S. (2023). Pemahaman dan Kajian Pragmatik.

Susmita, N. (2019). Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 25. DOI: 10.29210/02353jpgi0005

Tjahyadi, I. (2021). Analisis kohesi gramatikal dalam teks puisi pasar dan wanita yang kencing di semak karya mardi luhung. Parafrase: Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan. https://doi.org/10.30996/parafras e.v20i2.4112


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.