Analisis Penokohan dan Nilai-nilai Pendidikan Novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar Karya Tere Liye

Faizha Rahmawati, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penokohan dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan struktural. Data diperoleh melalui pembacaan mendalam terhadap teks novel, identifikasi karakter, serta pencatatan dialog dan narasi yang mengandung unsur pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tere Liye membangun karakter tokoh-tokoh dalam novel ini dengan kompleksitas psikologis dan perkembangan karakter yang kuat. Tokoh utama bernama Ali digambarkan sebagai pribadi yang mengalami perubahan signifikan dalam pandangan hidup dan pola pikir. Selain itu, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel ini meliputi nilai kejujuran, tanggung jawab, kerja keras, sikap kritis, serta pentingnya pembelajaran sepanjang hayat. Nilai-nilai tersebut disampaikan secara eksplisit maupun implisit melalui alur cerita dan konflik tokoh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Teruslah Bodoh Jangan Pintar tidak hanya menawarkan cerita yang menghibur, tetapi juga sarat dengan pesan moral dan nilai pendidikan yang relevan dengan kehidupan nyata.

Kata kunci—Penokohan, Nilai Pendidikan, Novel, Tere Liye, Analisis Sastra

 

Abstract—This study aims to analyze the characterization and educational values in the novel Teruslah Bodoh Jangan Pintar by Tere Liye. The method used in this study is a qualitative descriptive method with a structural approach. Data were obtained through in-depth reading of the novel text, character identification, and recording dialogues and narratives that contain educational elements. The results of the study indicate that Tere Liye builds the characters of the figures in this novel with psychological complexity and strong character development. The main character named Ali is described as a person who experiences significant changes in his outlook on life and mindset. In addition, the educational values contained in this novel include the values of honesty, responsibility, hard work, critical attitude, and the importance of lifelong learning. These values are conveyed explicitly and implicitly through the storyline and character conflicts. This study concludes that Teruslah Bodoh Jangan Pintar not only offers an entertaining story, but is also full of moral messages and educational values that are relevant to real life.

KeywordsCharacterization, Educational Values, Novel, Tere Liye, Literary Analysis


Keywords


Characterization, Educational Values, Novel, Tere Liye, Literary Analysis

Full Text:

PDF

References


Aisyah, T., Wahyuni, R., & Wikanengsih, W. (2019). Analisis novel saman karya ayu utami: tinjauan sosiologi sastra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 291-298. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id.

Al-Ma’ruf, Imron, A., & Nugrahani, F. (2017) Pengkajian sastra. Surakarta: CV Djiwa Amarta.

Amidong, H. H. (2018). Penokohan dalam karya fiksi.

Hasbullah, H. (2005). Dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Juni, A. (2019). Apa itu sastra jenis-jenis karya sastra dan bagaimanakah cara menulis dan mengapresiasi sastra.

Lafamane, F. (2020). Karya sastra (puisi, prosa, drama).

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.

Mamonto, F. M., Lensun, S. F., & Aror, S. C. (2021). Analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Izana Karya Daruma Matsuura. SoCul: International Journal of Research in Social Cultural Issues, 1(3), 214-224.

Tjahyadi, I. (2020). Mengulik kembali pengertian sastra. Probolinggo: Universitas Panca Marga.

Waldi, I. (2019). Nilai-nilai pendidikan (analisis terhadap kitab washaya al-Aba’i li al-Abna’). Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(1), 95-110.

Widiono, A., Sa'idah, I., No, J. L. D., & Pademawu, P. (2024). Dunia sastra (Kelas Sosial dan Konflik Tokoh).

Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model spradely (etnografi).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.