Karakterisasi Tokoh Utama dan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Sendiri Karya Tere Liye serta Relevansinya dengan Pendidikan di SMA

Aninda Paramitha Putri, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Karakter pada tokoh utama dan nilai-nilai pendidikan di dalam novel Sendiri karya Tere Liye serta relevansinya dengan pembelajaran di SMA  mempunyai tujuan yakni mendeskripsikan karakter pada seorang tokoh utama beserta nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel Sendiri  Karya Tere Liye.  selain itu  digunakan untuk bahan referensi pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di SMA. Dalam penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan cara membaca dan mencatat. Pengecekan keabsahan data didaalam penelitian ini dengan memakai cara triangulasi. Dari hasil  analisis data pada novel Sendiri karya Tere Liye ini terdapat Karakter-karakter pada tokoh utama yakni  Bambang dan Susi mempunyai 8 karakter yaitu (1). Baik , (2) optimis, (3) berimajinasi, (4) Sabar, (5) pekerjaan keras (6) pantang menyerah, (7) berani, dan (8) peduli sosial.

Kata kunci—Karakterisasi, Tokoh utama, Nilai pendidikan, Novel, Pembelajaran di SMA.

 

 

Abstract—The character of the main character and educational values in the novel Sendiri by Tere Liye and its relevance to learning in high school have the aim of describing the character of a main character along with the educational values contained in the novel Sendiri by Tere Liye. In addition, it is used as a reference material for learning Indonesian in high school. This study is included in the type of qualitative descriptive research. Data collection techniques use reading and recording methods. Checking the validity of the data in this study using the triangulation method. From the results of data analysis in the novel Sendiri by Tere Liye, there are characters in the main characters, namely Bambang and Susi, who have 8 characters, namely (1). Good, (2) optimistic, (3) imaginative, (4) patient, (5) hard work (6) never give up, (7) brave, and (8) social care.

Keywords— Characterization, Main Characters, Educational Values, Novels, Learning in High School.


Keywords


Characterization, Main Characters, Educational Values, Novels, Learning in High School.

Full Text:

PDF

References


Cindy, C. V. H., Nurhasanah, E., & Triyadi, S. (2021). Analisis struktural dan nilai pendidikan karakter dalam novel The Sun of The Rain karya Viona Prameswari. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 292-299. https://doi.org/10.31943/bi.v6i2.136.

Indrawan, I. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, 2(1).

Moleong, L. (2004). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Univerity Press.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3). https://doi.org/10.33369/mapen.v9i3.1145

Robert, E. V. (1983). Writing themes about literature. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Santosa & Wahyuningtyas. (2010). Pengantar Apresiasi Prosa. Suricata Yome Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.