Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Drama menggunakan Metode Quantum Learning Teknik Transformasi Cerpen pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kepohbaru 2024/2025

Dina Novita Sari, Masnuatul Hawa, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak— Pendekatan yang digunakan peneliti adalah (PTK) yaitu penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui 2 tahap siklus. Siklus pertama menjadi tahap permulaan dalam meningkatakan keterampilan menulis teks drama menggunakan metode quantum learning, sementara siklus ke dua difokuskan untuk memperbaiki hasil yang diperoleh di siklus pertama. Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan pembelajaran penulisan teks drama dalam satu bab pada siswa siswi kelas VIII SMP N 1 Kepohbaru setelah menggunakan metode quantum learning teknik transformasi cerpen, (2) mendeskripsikan perkembangan dalam keterampilan menulis teks drama satu bab pada siswa siswi kelas VIII C SMP N 1 Kepohbaru setelah mengikuti pembelajaran menulis teks drama 1 bab menggunakan metode quantum learning teknik transformasi cerpen, dan (3) menjelaskan sikap perilaku siswa saat pembelajaran menulis teks drama dengan menggunakan  metode quantum learning teknik transformasi cerpen. Metode pembelajaran quantum learning dalam proses pembelajaran menulis teks drama meliputi beberapa hal, diantaranya meningkatnya kepercayaan diri, tumbuhnya keinginana siswa dalam pembelajaran menulis teks drama, adanya pertukaran pikiran dalam menentukan bagian-bagian teks drama dengan baik, serta semakin aktifnya siswa dalam menulis teks drama dengan menggunakan aturan penulisan yang benar.

Kata kunci—Teks Drama, Quantum Learning

 

Abstract—The approach used by researchers is (PTK), which is a class action research carried out through 2 stages of cycles. The first cycle became the initial stage in improving drama text writing skills using the quantum learning method, while the scond cycle focused on improving the result obtained in the first cycle. This study aims to (1) explain the learning of writing drama text in one chapter in class VIII C Students of SMP N 1 Kepohbaru after using the quantum learning method of short story transformation technique, (2) describe the development in the skill of writing drama text in one chapter in class VIII C students of SMP N 1 Kepohbaru after following the learning of writing drama text in one chapter using the quantum learning method of short story transformation technique, and (3) explain the behavioral attitudes of students when learning process of writing drama text includes several things, including increased self-confidence, the growth of students’ desire in learning to write drama text, the exchange of ideas in determining the parts of the drama text well, and the more active students in writing drama text using the correct writing rules.

Keywords— Drama tekxt, Quantum learning


Keywords


Drama tekxt, Quantum learning

Full Text:

PDF

References


Arfiana, R. (2024). Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 52-62. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2717

Afifah, D. N., & Hasanudin, C. (2023). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 2(1), 63-73. http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3306

Hasmi, L., & Retti, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran somatis auditori visual intelektual (savi) terhadap keterampilan menulis teks drama. Jurnal Kibasp (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 5(2), 188-196. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i2.3565

Maulidi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13-22. Doi 10.28944/fakta.v2i1.698

Zahran, M. R. (2019). Quantum Learning: Spesifikasi, Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhinya. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seminar Nasional Inovasi pendidikan dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.